Aura Mistis di Keramat Gununggeulis Sengked Cipanas

Yayan. S
Tempat ziarah Gununggeulis Nyengked Cipanas, Foto, Yayan. S, iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Makam Keramat Gununggeulis Sengked yang berada di gugusan Gunung Kasur, Puncak Cipanas sudah tidak asing lagi bagi warga Cipanas dan sekitarnya. 

Bahkan, dari luar Pulau Jawa pun banyak yang menyambanginya untuk melengkapi perjalanan spiritualnya.

Peziarah yang datang ke makam ini mengatakan bahwa tirakat di sana sangat nyaman. Selain disuguhi panorama menakjubkan yang dihiasi hamparan pegunungan dan hembusan angin dari Gunung Gede-Pangrango, keheningan bukit seolah dikelilingi kelap kelip cahaya lampu-lampu dari pemukiman, hotel, dan lainnya.

Namun, di balik keindahan itu, Gununggeulis Sengked pun memiliki aura magis tersendiri. Sejumlah peziarah mengaku pernah mengalami kisah mistis saat ziarah ke sana. Ada yang melihat penampakan kakek misterius berjanggut putih panjang, ada pula yang melihat mukena putih melayang dengan sendirinya.

Beberapa waktu lalu, iNewsCianjur.id bersama 6 orang tetangga kampung melakukan penelusuran ke makam keramat ini. Saat mendaki tangga beton menuju komplek pemakaman, tiba-tiba dari arah rimbunan pepohonan terlihat sesosok makhluk menyeramkan.

Dalam hasil jepretan, terlihat di belakang kelompok tampak makhluk berdiri dengan bentuk mirip Genderowo, seperti yang sering muncul dalam sinetron atau film horor.

Kemudian, saat melakukan tawasulan bersama, terdengar suara aneh dari arah jendela kaca seperti ada orang memukul-mukulkan ranting terhadap dinding. Lantai keramik yang diduduki pun terasa bergerak dan bergelombang, padahal lantai tidak ada yang rusak.

Selanjutnya, terdengar bisikan menyebut Al-Mulk dan Al-Buruj. Mungkin bisikan itu isyarat untuk mengaji alunan surat Al-Mulk dan Al-Buruj.

Rd.Ucu Samsul Hidayat, ketua Yayasan Rd.Sulthon Ali Abdurrahman pengelola Makam Keramat Gununggeulis, mengatakan bahwa kejadian kisah mistis acapkali datang dari tamu seusai ziarah. Menurutnya, hal itu merupakan sebuah simbol bahwa makhluk gaib baik yang positif maupun negatif memang ada. Penampakan makhluk halus itu secara kebetulan dan biasanya yang memperlihatkan kepada seseorang dan dapat dikatagorikan sebagai uji nyali.

"Salah satunya penampakan kakek berjanggut. Sepengetahuan dari orangtua terdahulu, sosok misterius itu dipercaya penjaga area makam keramat Gununggeulis, yang dikenal dengan Mbah Dato," kata Rd Ucu.

Ia menuturkan, bila berniat ziarah ke tempat keramat, perlu mengedepankan etika kesopanan. Sebelum ziarah, perlu izin ke juru kunci, lalu berwudhu, dan mentaati peraturan yang dibuat pengelola demi kenyamanan bersama.

"Kalau sembarangan dikhawatirkan diganggu mahluk astral negatif yang memang tugasnya menggoda manusia agar menyimpang dari agama. Hal itu bisa mendekati kemusyrikan," pungkasnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network