Petani di Desa Sirnagalih Sindangbarang Cianjur Manfaatkan Momen Hujan Tanam Padi di Sawah

Gusti Wilantara
Petani di Desa Sirnagalih Sindangbarang Cianjur manfaat momen air hujan tanam padi di sawah, Foto, Gusti Wilantara, iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Musim penghujan yang terjadi diwilayah Kecamatan Sindangbarang Cianjur, membuat para petani gembira. Para petani mulai mengolah sawah dengan menanam padi secara serentak disawah milik mereka.

"Kami dan petani lainnya disini sangat terbantu adanya curah hujan tinggi, sehingga bisa melakukan gerakan tanam padi," kata Akung (37), salah seorang warga Kampung Bojongngosok, Minggu (10/12/2023).

Ia mengatakan, gerakan percepatan tanam tersebut dilakukan menyusul curah hujan yang tinggi selama dua pekan terakhir, sehingga ketersediaan air relatif aman dan mencukupi.

Sejak musim kemarau lalu, kata dia, terpaksa areal persawahan dibiarkan akibat kemarau panjang yang menyebabkan kesulitan pasokan air. Namun dengan adanya curah hujan yang tinggi ini sawah dipenuhi air.
 
"Dengan curah hujan tinggi, kami semua petani disini bisa melakukan gerakan tanam usai kemarau panjang itu," jelasnya.

Hal senada diungkapkan petani lainnya, Surahman (42). Dirinya mengaku, sejak adanya musim penghujan, sawah miliknya sudah kembali digarap dan ditanami padi.  

Sebelumnya kata dia, sejak musim kemarau panjang lalu, sawah miliknya kering dan dipenuhi dengan rerumputan dan rumput liar.

"Dengan adanya curah hujan yang tinggi ini, sawah kami sudah tidak kering dan sudah terairi air, "pungkasnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network