Korban Keracunan Nasi Kotak Terus Bertambah Hingga 79 Orang

Dani Jatnika
Korban keracunan nasi kotak, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Korban keracunan diduga akibat menyantap nasi kotak Kampung Kebon Manggu RT04/07, Desa Ciharashas, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur terus bertambah hingga kini sudah mencapai 79 orang.

Para korban dirawat tersebar di Rumah Sakit Sayang Cianjur, rumah Sakit Dr. Hafizh, Puskesmas Cilaku dan di Posko Kebon Manggu. Dari 79 korban ada 6 orang yang menderita parah dan harus mendapatkan perawatan di ICU rumah sakit.

Menurut Bidan Desa Ciharashas, Sopiah, penyebab pasti keracunan belum pasti. Namun sampel makanan dan muntahan korban sudah dibawa ke laboratorium kesehatan daerah (Labkesda) di Bandung untuk diperiksa.

"Penyebab pasti keracunan masih belum pasti masih menunggu hasil lab dari Bandung. Namun para korban menyebutkan rata-rata mereka sudah menyantap nasi kotak yang dibagikan panitia hari besar Islam," ujar Sopiah kepada iNewsCianjur di Posko Kesehatan Cimanggu, Senin (2/10/2023).

Ditambahkan Sofiah, rata-rata korban mengalami kontraksi keracunan empat jam setelah menyantap nasi kotak. Pada awalnya korban merasakan mules, kembung disertai muntah-muntah.

Kejadian tersebut berawal saat warga menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW yang diselenggarakan pondok pesantren Mazroatul Ulum di Kampung Cimanggu, Desa Ciharashas, Kecamatan Cilaku, pada hari Minggu (1/10/2023) sekira pukul 10.00 Wib.

Setelah acara selesai panitia membagikan makanan namun ada yang prasmanan atau makan ditempat dan nasi kotak. Kebanyakan korban adalah yang makan nasi kotak.

Hingga Senin (2/10/2023) siang jumlah korban ada 79 orang dengan rincian ditangani di Posko Kesehatan 69 orang, dirujuk ke RSUD Sayang empat orang, dirujuk ke RSDH dua orang dan sidah bisa pulang 62 orang sehingga total yang masih mejalani perawatan tinggal tujuh orang.

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network