Musim Kemarau, Waspada Serangan Inspeksi Pernapasan

Gusti Wilantara
Kantor UPTD Puskesmas Kecamatan Sindangbarang, Cianjur selatan, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Puskesmas DTP Sindangbarang Cianjur mengimbau warga lebih mewaspadai penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut ( ISPA ) yang berpotensi mewabah pada musim kemarau saat ini.

Kepala Puskesmas DTP Sindangbarang Cianjur, Nanang Priatna mengatakan, faktor penyebab munculnya penyakit ISPA tersebut, datang di saat musim kemarau dikarenakan  debu dan juga kondisi udara yang kurang sehat. Bisa juga disebabkan karena adanya asap dari kebakaran hutan dan lahan.

"Kondisi udara saat in kurang sehat. Kepada masyarakat sebaiknya membatasi aktivitas diluar rumah. Selain itu masyarakat menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dengan menerapkan PHBS ini, kesehatan tubuh pada setiap orang bisa terjaga dan terhindar dari penyakit," katanya, Senin (18/9/2023).

Ia menjelaskan, kabut asap dan debu di sepanjang jalan menjadi pemicu mewabahnya penyakit ISPA atau gangguan saluran pernapasan. Lanjut dia, ada beberapa pasien yang terkena ISPA namun telah dilakukan penanganan secepatnya. 

Karena itu pihaknya menganjurkan warga, agar menggunakan masker saat keluar rumah sebagai upaya antisipasi terjangkit penyakit ISPA.

"Kita sudah menginstruksikan kepada tenaga kesehatan yang ada di lapangan, untuk memberikan pelayanan medis yang optimal, sehingga penyakit ISPA dapat dihindari. Tak hanya itu antisipasi lainnya menggunakan masker dan lebih banyak mengonsumsi air putih untuk kekebalan tubuh," ujarnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network