Enam Orang Warga di Sukaluyu Terjangkit DBD Puskesmas Bertindak

Jenal
Petugas Kesehatan Puskesmas Sukaluyu lakukan fogging, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Enam orang warga dari dua Kampung di Desa Sukamulya, Kecamatan Sukaluyu dikabarkan positif demam berdarah dengue (DBD).

Kepala Puskesmas Sukaluyu, dr Nurul Hadi, mengatakan, enam orang positif DBD tersebut ada di dua Kampung dan di dua  desa, yakni Desa Sukamulya, diantaranya Kampung Pasir Landak dan Kampung Pasir Domba. 

"Kita menerima laporan adanya warga yang dirawat di Rumah Sakit positif DBD. Jadi kami langsung melakukan pengecekan ke dua Kampung tersebut untuk memastikan ada tidaknya sumber sarangnya," katanya.

Menurutnya, setelah melakukan pengecekan dan penyuluhan sosialisasi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Bahkan setelah Penyelidikan Epidemiologi (PE) hasilnya negatif. 

"Kita sudah melakukan PE dan sosialisasi. Namun, kebanyakan warga minta di fogging jadi kita langsung berkoordinasi dengan dinas dan melaksanakan Fogging di dua Kampung tersebut," katanya. 

Nurul menjelaskan, ke enam warga tersebut sudah pulang dan sehat kembali setelah sempat dirawat di rumah sakit. Selain itu, puskesmas hingga saat ini belum menangani adanya pasien yang terjangkit DBD dirawat di Puskesmas. 

"Kita hanya menerima laporan di rumah sakit belum mendapatkan pasien yang di rawat. Sehingga kami memberikan himbauan agar pemeriksaan dilakukan ke puskesmas," kata dia.

Nurul mengungkapkan, Puskesmas terus gencar memberikan penyuluhan dan sosialisasi kepada warga Kecamatan Sukaluyu agar melaksanakan PSN 3M plus. Agar tidak memberikan ruang untuk nyamuk membuat sarang. 

"Sosialisasi dan penyuluhan masih dilaksanakan tapi masih ada saja warga yang belum sadar bahayanya sarang nyamuk terlebih lagi nyamuk Aides Aigepsti," pungkasnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network