Mengenal Geco, Makanan Lezat Khas Cianjur Sejak 1948

Nursidik
Geco makanan lezat khas Cianjur. (Foto: Instagram @sekitarcianjur)

Cianjur, iNews.id – Kabupaten Cianjur merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang banyak dikunjungi wisatawan. Maklum saja, sebab Cianjur memang memiliki beberapa tempat wisata yang kece dan Instagramable.

Sebut saja Taman Alun-alun Cianjur, Masjid Agung Cianjur, Taman Prawatasari, Gunung Mananggel, Kampung Buaya Padi Pandan Wangi, dan masih banyak lagi. Nah, ketika berkunjung rasanya ada yang kurang jika belum mencicipi hidangan khas Cianjur.

 

Jika Anda menggemari wisata kuliner dan sejarah,

 ini saatnya mencicipi geco. Ya, geco merupakan makanan lezat khas Cianjur yang ternyata sudah ada sejak 1948. Mengutip dari unggahan di kanal YouTube Papa Oki, geco merupakan singkatan dari 'tauge dan tauco'. Tauge merupakan tanaman kecambah, sedangkan tauco ialah hasil fermentasi biji kedelai. Rasa geco jadi makin khas lantaran menggunakan tauco khas Cianjur dengan bungkus karakas atau daun pisang kering. Selain dua bahan tadi, geco juga disajikan bersama kentang, telur rebus, mi aci, dan ketupat. Bumbu-bumbunya ada kecap manis, sambal cabai rawit, dan cuka lahang atau fementasi dari enau.

Kelezatan masakan asli Sunda ini memang tidak perlu diragukan lagi. Nah, Cianjur sebagai salah satu penghasil kuliner Sunda yang nikmat punya sajian yang wajib dicoba.

Berasal dari singkatan kata 'tauge dan tauco', geco memang terlihat cukup familier. Sebenarnya sudah banyak pedagang geco, jadi tidak hanya di Jawa Barat, tetapi juga bisa ditemukan di beberapa lokasi di Jakarta atau daerah lain.

Cita rasa yang ditawarkan geco pun cukup menggoda lidah meski bahan-bahannya terlihat sederhana. Dalam satu porsi, Anda bisa mencicipi kesegaran tauge dengan gurihnya lumuran bumbu tauco di atasnya.

Selain itu, terdapat pula mi sagu, ketupat, dan tomat yang dipadukan dengan cuka lahang, Irisan kentang, dan tahu goreng beserta telur rebus. Ini siap memuaskan perut Anda yang keroncongan.

Banyak yang mengatakan bahwa geco adalah kupat tahu khas Cirebon. Namun, saus tauco tanpa oncom yang terdapat di geco adalah hal yang membedakan keduanya, bahkan dengan tauge goreng khas Cirebon.

 

Editor : Nursidik

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network