get app
inews
Aa Read Next : Kunker, Anggota DPR RI Tampung Aspirasi Warga di Pemukiman Situs Gunung Padang Campaka Cianjur

Bukan Kaleng-kaleng! Ini Madu Klanceng Asli Warga Campaka Cianjur

Sabtu, 11 Juni 2022 | 13:48 WIB
header img
Ilustrasi madu klanceng. (Foto: Istimewa)

CIANJUR, iNews.id- Abah Dedi (60) warga Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat kembang budidaya madu klanceng atau lebih di kenal dengan sebutan lain madu trigona (madu kelulut) dihasilkan oleh lebah kecil.

"Madu jenis ini ramping dan hitam disebut lebah trigona spp. Lebah ini merupakan spesies primitif hanya menghasilkan madu dalam jumlah sedikit," katanya, kepada iNews Cianjur, saat ditemui di lokasi, Sabtu (11/6/2022).

Cita rasa dari madu klanceng ini, Dedi mengungkapkan, terbilang unik dan berbeda dari madu biasanya. Madu klanceng berwarna agak gelap, tidak bening, serta perpaduan rasa agak manis, asam dan pahit. 

"Memiliki kisaran nutrisi dan nilai gizi lebih tinggi dibanding dengan lebah madu biasanya," ujarnya.

Lebih lanjut Dedi menuturkan, madu klanceng terkenal mengandung senyawa seperti protacatechuic acid (PCA), 4-hydroxyphenylacetic acid dan cerumen yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan proliferasi sel dalam proses penyembuhan luka.

Tak hanya itu, sumbungnya, masih banyak manfaat madu klanceng yang dapat dirasakan bila mengonsumsinya secara rutin. Banyak manfaat dari madu klanceng (Trigona) kaya anti oksidan, bakteri, mengatasi radang, melancarkan menstruasi, dan anti kanker.

"Mengatasi penyakit diabetes

beberapa penelitian bahwa madu klanceng bisa menurunkan kadar glukosa di dalam darah," terang Dedi.

Masih hala sama paparnya, manfaat madu klanceng mengandung senyawa bioaktif polifenol yang sudah sejak lama dan secara tradisional digunakan untuk mengobati diabetes. 

"Menyembuhkan luka madu klanceng juga dipercaya memiliki sifat antiseptik baik untuk penyembuhan luka," bilang Dedi.

Lebih jauh Dedi menuturkan lagi, sebuah penelitian menjelaskan bahwa, madu klanceng digunakan sebagai salep untuk luka bekas operasi atau luka lainnya.

"Nah! Penelitian tersebut juga menunjukan bahwa sangat ampuh pengobatan luka," timpalnya.

Lanjutnya, mencegah penuaan dini. Selain dikonsumsi, madu klanceng juga dapat digunakan sebagai toner untuk wajah. Caranya cukup mencampurkan madu klanceng dengan air lemon, aduk hingga rata. Setelah itu aplikasikan ke wajah. 

"Ramuan ini dipercaya dapat mencegah penuaan dini pada kulit," kata Dedi.

Menurut Dedi, madu trigona ini dijual dengan ukuran botol besar dijual mulai harga Rp165 ribu hingga Rp180 ribu. Sementara, untuk ukuran kecil Rp50 hingga 100 ribu.

"Itu gimana ukuran botolnya sih kang," pungkasnya.

 

 

Editor : Nursidik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut