get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Tahun Akses Jalan Kabupaten di Desa Cinerang Naringgul Tak Kunjung Diperbaiki

Puluhan Balon Kades Tiga Desa di Naringgul Ikut Tes Akademik

Jum'at, 10 Juni 2022 | 10:47 WIB
header img
Forkopimcam Naringgul bersama Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) saat penetapan pleno. (Jajang Sugiarto/iNews Cianjur)

CIANJUR, iNews.id- Puluhan bakal calon (Balon) kades tiga desa di Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat akan mengikuti seleksi tes akademik di Universitas Suryakancana (Unsur), Jumat (10/6/2022).

Camat Naringgul Ijuh Sugandi membenarkan, ada tiga desa mengikuti seleksi akademik dengan jumlah 23 balon kades sudah mendaftar dan sudah mengikuti tahapan demi tahapan oleh panitia pilkades di masing-masing desa Dan, puluhan orang terebut hanya 5 orang bakal dites jadi calon kepala desa (Cakades) yang selanjut akan mengikuti tahapan berikut yaitu penetapan nomor urut calon 13 juni 2022.

"Adapun untuk pemilihan kepala desa serentak tahun 2022 di Kecamatan Naringgul jumlah ada 5 desa akan menyelenggarakan pilkades serentak," tutup salah satu camat di Kabupaten Cianjur ini.

Terpisah, Ketua Pilkades Wangunjaya Sutiman mengatakan, ada sebanyak 23 balon kades tiga desa ikut yaitu diantaranya 9 orang dari Desa Wangunjaya, 6 orang dari Desa Malati dan terakhir 8 orang dari Desa Sukamulya. Sementara, dari jumlah 9 balon untuk desa Wangunjaya sudah ikut tes akademik, Kamis (9/6/2022) kemarin. Dan, semua balon sudah mengikuti tahapan demi tahapan dari mulai tahap awal hingga akhir.

"Sebagaimana sudah ditetapkan hasil dari sidang pleno tentang pengesahan," katanya.

Sementara itu, Ketua Pilkades Sukamulya, Hadi Sumanto mengatakan untuk 8 balon kades di desa sini semuanya sudah memenuhi persyaratan. Nah! Baik itu administrasi dan lainnya dari beberapa tahapan demi tahapan. Karena balon lebih dari 5 orang sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Cianjur Nomor 41 Tahun 2015, maka harus mengikuti seleksi  akademik terlebih dahulu.

"Untuk menentukan nilai tambahan," ujarnya.

Masih terang Hadi menambahkan, nantinya akan menentukan dari 8 balon kades siapa akan lulus dan nilai bagus untuk ditetapkan jadi calon.

"Jadi bukan balon lagi tapi calon kandidat," tandasnya, singkat.

Editor : Nursidik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut