get app
inews
Aa Read Next : Pekerja Migran Indonesia Asal Cianjur Jadi Korban Kekerasan Majikan di Timteng

Eks PMI Warga Cianjur Sulap Barang Bekas Jadi Pundi Rupiah

Kamis, 02 Juni 2022 | 02:12 WIB
header img
Kartika (56) seorang eks PMI hijrah sulap barang bekas produksi kerajinan tangan. (Foto: Dwi Prasetya/iNewsCianjur.id)

CIANJUR, iNews.id- Dua tahun menekuni profesi bergelut usaha ekonomi kreatif dari bahan botol bekas disulap menjadi kerajinan tangan.

Hal tersebut diungkapkan Kartika (56) seorang perempuan eks Pekerja Migran Indonesia (PMI), saat dihubungi langsung di Kampung Tonjong RT 8/2, Desa Murnisari, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

"Kini menjadikan nilai jual tinggi untuk menghidupi sehari-harinya bersama keluarga," akunya.

Kartika bercerita, sebelumnya kerja di Timur Tengah menjadi PMI selama 20 tahun. Dan, setelah pulang bingung harus usaha atau kerja apa. Bahkan sempat jualan, tapi bangkrut lagi. Akhirnya dirinya bersama suami putar otak (berpikir) untuk memanfaatkan barang bekas menjadi kerajinan seperti keranjang, tempat air minum (gelas) dalam kemasan dan wadah tisu dan lainnya.

"Penghasilan satu bulan kini sekitar Rp1 hingga Rp2 juta. Dan, itu disyukuri saja," bilangnya.

Kartika menuturkan, sudah hampir dua tahun dirinya menjalani profesi bersama suami. Ditambah masa pandemi Covid-19, bingung untuk memasarkan, sekali-kali ada yang beli di luar daerah. 

"Setelah mengikuti beberapa kegiatan bersama Rumah Sandiuno Indonesia (RSI) diberikan edukasi dalam pemasaran," ujarnya. 

Ia menuturkan, tambah semangat dalam memasarkan. Karena sebelumnya tidak pernah seperti ini, paling seminar biasa dan tidak ada tindaklanjut secara kontinyu.

Kini, ia menambahkan, setelah dibina oleh RSI. Harapan produknya bisa dibantu pemasaran, dan yakin kerajinan hasil tangannya itu bisa diakui akan melejit dan berkembang ke luar daerah.

"Apalagi bisa dipromosikan pak Menteri Sandiaga Salahudin Uno," tutup Kartika.

Editor : Nursidik

Follow Berita iNews Cianjur di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut