get app
inews
Aa Read Next : Dinas Kesehatan Cianjur, Musim Panas Angka Kasus DBD Menurun Drastis 

Dinas Kesehatan Cianjur Bantah Tindakan Selektif, Sebut 11 Klinik Diperiksa

Kamis, 12 September 2024 | 20:58 WIB
header img
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr. Yusman Faisal, Foto : iNewsCianjur.id/Yudi Dharmawan.

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur tegas membantah tudingan bahwa tindakan penyegelan terhadap Klinik Nova dan Klinik Citra Harapan Bunda (CHB) dilakukan secara selektif dan terkait dengan kontestasi Pilkada. 

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Yusman Faisal, menjelaskan bahwa pemeriksaan terhadap kedua klinik tersebut merupakan bagian dari kegiatan monitoring dan evaluasi rutin yang dilakukan terhadap 11 klinik kesehatan.

"Ini adalah kegiatan rutin yang kami lakukan. Bukan hanya Klinik Nova dan CHB yang kami periksa, tetapi ada sebelas klinik," tegas Yusman, Kamis (12/9/2024).

Hasil dari evaluasi tersebut menunjukkan bahwa dua klinik, yang identitasnya tidak disebutkan, harus ditutup karena tidak memenuhi persyaratan perizinan yang berlaku. Yusman menekankan bahwa tindakan penutupan ini semata-mata bertujuan untuk memastikan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat.

"Jika semua klinik yang kami periksa dapat memperbaiki kekurangan dalam perizinannya, tentu kami tidak akan langsung menutupnya," tambah Yusman.

Ia juga menegaskan bahwa tindakan pengawasan ini tidak ada kaitannya dengan Pilkada dan tidak boleh dipolitisasi. 

"Ini adalah upaya kami untuk memastikan bahwa masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku," tandasnya.

Sebelumnya, Klinik Nova dan CHB telah menerima surat peringatan dan penyegelan dari Dinas Satpol PP Damkar Kabupaten Cianjur pada tanggal 9 September 2024. Tindakan ini dilakukan berdasarkan usulan dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) yang telah melakukan pemeriksaan atas temuan Dinas Kesehatan.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut