get app
inews
Aa Read Next : Desa Muaracikadu Realisasikan DD Pembangunan Jalan Rabat Beton di Kampung Poreang

Lampu Gentur hingga Sambal Honje, Produk UMKM Cianjur yang Tembus Pasar Internasional

Rabu, 24 Juli 2024 | 21:56 WIB
header img
Seorang pengrajin Lampu Gentur di Kecamatan Warungkondang. Kerajinan asli Cianjur itu disebut telah menembus pasar nasional hingga internasional.

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Cianjur berhasil menembus pasar internasional. Meski masih sebagian kecil, namun cukup membanggakan karena UMKM Cianjur telah memiliki daya saing tinggi.

Hal itu diungkapkan Bupati Cianjur, Herman Suherman yang menyebutkan, dari sekitar 25 ribu UMKM, beberapa diantaranya bisa menembus pasar nasional maupun internasional.

"Beberapa produk yang sudah tembus pasar nasional maupun internasional itu diantaranya produk Lampu Gentur, Radio Antik, dan Sambal Honje serta beberapa produk pakaian," ujar Herman usai membuka acara Cianjur Manjur di Haurwangi, Rabu, 24 Juli 2024.

Herman merasa bangga setiap kali acara Cianjur Manjur di desa selalu dipenuhi berbagai ungulan produk UMKM asli dari daerah tersebut yang sangat beragam.

"Saat ini banyak pelaku UMKM di desa-desa tingal dilakukan pembinaan dari Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskumdagin). Baik pelatihan maupun permodalannya sehingga mereka bisa bersaing," katanya.

Herman menyebut, jumlah UMKM baru telah menyentuh angka 25 ribu UMKM yang tersebar di 32 kecamatan, dari target program 10.000 pelaku.

Produknya pun beragam, mulai dari kerajinan tangan, olahan hasil bumi sampai dengan batik Cianjur.

"Kedepannya saya berharap, produk unggulan lainnya dapat berdaya saing dan bisa naik kelas hingga ke tingkat internasional," imbuhnya.

Untuk membuka pasar lebih luas, Pemkab Cianjur sudah merangkul pengelola pasar modern di Cianjur untuk menyediakan rak dan tempat khusus bagi produk UMKM. 

Tidak hanya pasar modern, pihaknya juga menjalin kerja sama dengan situs jual beli online di dunia maya serta pengelola hotel dan restoran di Cianjur, untuk mengenalkan berbagai produk hasil UMKM.

"Pemkab Cianjur melalui Diskumdagin memberikan bantuan alat dan permodalan bagi pelaku usaha baru, serta menerbitkan Nomor Induk Berusaha (NIB) yang dapat diurus pada kegiatan Desa Manjur tanpa harus ke kantor dinas," pungkasnya.

Editor : Azhari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut