get app
inews
Aa Read Next : TPPO Modus Kawin Kontrak di Cianjur, MUI: Tidak Sah, Harus Dihentikan

Tegas! YKMI Himbau Umat Islam Wajib Boikot 10 Produk Terafiliasi Israel Ini

Jum'at, 15 Maret 2024 | 23:38 WIB
header img
Direktur Eksekutif YKMI, Ahmad Himawan (tengah) saat paparan sebut daftar 10 produk terafiliasi Israel. (Foto : Istimewa/RK)

JAKARTA, iNewsCianjur.id - Tagar #RamadhanTanpaProdukGenosida gencar disuarakan Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) berisi himbauan umat Islam dan konsumen muslim di Indonesia untuk aktif menghindari penggunaan atau memboikot sejumlah produk terafiliasi Israel terlebih bertepatan dengan momentum Ramadhan 1445 Hijriah.

Himbauan ini disuarakan sebagai komitmen untuk melaksanakan anjuran Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar umat Muslim meninggalkan produk yang diproduksi perusahaan yang terafiliasi dengan Israel, sebagai wujud solidaritas atas Palestina.

Terkait hal itu, YKMI menggelar dialog bertema "Ramadhan Tanpa Produk Genosida" sebagai bentuk solidaritas konsumen muslim Indonesia di Jakarta, Jumat, (15 Maret 2024). Dialog dihadiri para narasumber, antara lain Ahmad Himawan selaku Direktur Eksekutif YKMI, Zahra sebagai aktivis muslim, dan Ahmad Wakil Kamal perwakilan dari pengacara muslim.

Dalam sesi dialog, Ahmad Himawan menegaskan, “Kami (YKMI) Menyikapi dan melanjutkan anjuran MUI untuk melaksanakan #RamadhanTanpaGenosida. Berdasarkan analisa dan kajian internal kami dari berbagai sumber terpercaya (salah satunya website boycott.thewitness dan bdnaash). 10 produk ini (Starbucks, Danone, Nestle, Zara, Kraft Heinz, Unilever, Coca Cola Group, McDonalds, Mondelez, Burger King, Kurma Israel) harus dihindari atau wajib diboikot mulai Ramadhan 1445 Hijriah ini. Konsumen muslim harus menggunakan produk-produk alternatif sebagai pengganti,” paparnya.

Himawan lebih lanjut memaparkan, sejumlah kriteria produk disebut sebagai produk-produk terafiliasi Israel atau produk genosida, meski ada beberapa produk yang sepenuhnya diproduksi di Indonesia. Misalnya yang pertama, sebagian atau sahamnya dimiliki oleh perusahaan atau orang Israel. Kedua, perusahaannya secara terbuka atau tersirat memberikan dukungan kepada Israel dan kejahatan Israel di Palestina. Ketiga, terdaftar dalam situs-situs internasional kredibel yang memiliki data keterlibatan perusahaan-perusahaan global yang memiliki afiliasi dengan Israel, seperti boycott.thewitness dan bdnaash.

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Cianjur di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut