get app
inews
Aa Read Next : Petani Cabai Rawit Sumringah, Kini Harganya Tembus Rp60 Ribu Per Kilo

Aksi Heroik Warga Cidaun Naiki Tiang Bendera Demi Merah Putih Berkibar

Jum'at, 18 Agustus 2023 | 12:42 WIB
header img
Saimin warga Cidaun saat naik tiang bendera, Foto : iNewsCianjur.id/ist

 CIANJUR, iNewsCianjur.id - Ada pemandangan heroik saat upacara bendera HUT ke-78 RI di Lapangan Kampung Gugunungan RT 07/02, Desa Kertajadi, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur. 

Seorang warga yang sedang melihat upacara nekat memanjat tiang bendera demi bendera merah putih tetap berkibar.

Kejadian itu sontak mengundang perhatian seluruh peserta upacara dan warga, tak jarang warga yang mengabadikan momen itu menggunakan ponsel dan menyebarkannya di media sosial hingga viral.

Diketahui warga tersebut bernama Samin (52) warga kp. Padawaras, Desa Kertajadi, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur. Dirinya nekat memanjat tiang bendera lantaran bendera yang sedang dinaikan paskibra yang baru setangah tihang mendadak macet karena melilit.

Karena tidak ada yang berani naik untuk membetulkan, secara refleks, Samin berlari dan bergegas menaiki tiang bendera dan berhasil membetulkan tali bendera yang melilit. Petugas pasukan pengibar bendera merah putih kembali melanjutkan pengibaran bendera merah putih hingga selesai.

Dengan terjadinya peristiwa itu pun merubah suasana khidmat menjadi menggegerkan dan atas aksinya tersebut sontak mendapat tepuk tangan dari para peserta upacara.

Camat Cidaun Koswara mengatakan, kondisi pada saat Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia di Desa Kertajadi, Kecamatam Cidaun terjadi angin kencang, sehingga mengakibatkan tali yang ada di tiang pengibaran Bendera tersendat.

"Pas latihan itu lancar, tidak terkendala apa-apa, cuma tadi itu kondisi lagi angin besar, sehingga talinya keluar dari rel, sampai tersendat, akhirnya ada warga yang sukarela naik," kata Koswara, melalui sambungan telpon, Kamis (17/8/2023) kemarin.

Sementara itu, Samin mengaku bahwa aksinya itu merupakan inisiatifnya sendiri karena melihat pengibaran bendera merah putih yang saat akan naik ke atas tiang tiba-tiba berhenti lantaran talinya terlilit karena tertiup angin besar.

"Saya melakukan hal itu karena tidak ingin melihat bendera hanya berkibar setangah tihang. Selain itu karena tidak ada yang berani membetulkan mungkin badannya besar sedangkan saya kecil sehingga saya reflek langsung memberanikan diri manjat tihangnya dan Alhamdulillah bisa saya benerkan," ujar Samin.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut