get app
inews
Aa Read Next : Poslogis Pastikan Petahana Herman Suherman Bisa Kembali Nyalon Bupati

Bikin Merinding, Begini Pesan Bupati Herman Suherman Saat Ziarah ke Makam Para Bupati Terdahulunya

Jum'at, 07 Juli 2023 | 12:02 WIB
header img
Bupati Cianjur Herman Suherman dan para kepala OPD saat ziarah di makam Nyai Raden Siti Bodedar, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Sebagai generasi penerus tongkat kepempinan bupati Cianjur, H Herman Suherman, melakukan ziarah ke beberapa makam para bupati terdahulu di seputaran Cianjur kota, Jumat (7/7/2023).

Bersama rombongan para Kepala organisasi perangkat daerah (OPD), Bupati Cianjur, Herman Suherman memberikan rasa hormat dan doa di makam para bupati pendahulunya yang pernah berjasa membangun Cianjur.

"Kegiatan ziarah ini sebagai bentuk rasa hormat kepada para bupati terdahulu yang pernah berjasa dalam membangun Cianjur. Salah satunya dengan cara mengirimkan doa bersama," kata Bupati Cianjur, Herman Suherman.

Menurut Herman, kegiatan yang dilakukan juga sebagai rangkaian hari jadi Cianjur yang ke 346. 

"Dimomen hari jadi cianjur ini, biasanya kami ziarah hanya satu tempat saja yakni ke Makam Eyang Dalem Cikundul atau Raden Arya Wiratanudatar di Cikalongkulon. Sekarang kami upayakan dibeberapa makam bupati-bupati lainnya," katanya.

Dikatakan Herman, yang perlu diingat adalah penataan daerah di jaman-jaman terdahulu menurutnya sangat tidak mudah sehingga lanjut Herman, dirinya sebagai generasi penerus harus lebih semangat lagi menata dan membangun Cianjur ke arah yang lebih baik lagi.

"Kita hanya meneruskan saja, jadi harus lebih semangat untuk menjaga dan merawat peninggalan sesepuh kita dahulu," ujarnya.

Sebelumnya, ada tiga lokasi tempat ziarah yang dilakukan oleh Bupati Cianjur Herman Suherman, diantaranya komplek pemakaman di Kampung Pasarbaru, Kelurahan Pamoyanan, Komplek pemakaman Pasarean, dan Komplek pemakaman Nyi Raden Siti Bodedar Gg Nilasari Cikidang, Kelurahan Sayang.

Adapun makam yang didatangi Herman Suherman beserta rombongan diantaranya, makam Bupati Cianjur ke Delapan, yakni Dalem Tumenggung Wiranegara, Bupati Cianjur ke 11 R. A, A Haji Abas Soeryana Atmadja, dan komolek pemakaman Stekmal ada Raden Kangjeng Dalem Wiratanudatar II,II,IV yakni Dalem Tarikolot, Dalem Tarisepuh, Dalem Dicondre.

Selain itu tampaak Bupati Herman Suherman juga ziarah ke makam tokoh Seniman padaleman Mamaos Cianjuran R. Etje Madjid Natawiredja, yang mana satu komplek di pemakaman Pasirbaru Kelurahan Pamoyanan.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut