get app
inews
Aa Read Next : Geger Pemuda Nikahi Wanita Ternyata Pria di Cianjur, Ini 5 Fakta yang bikin Nyesek

KH Zain Abdusomad Jadi Nama Jalan di Desa Cibadak Cibeber

Senin, 05 Juni 2023 | 13:25 WIB
header img
Penamaan jala lingkungan menggunakan nama tokoh agama, Foto : Taufik Winata

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Nama (Alm) KH.Zain Abdusomad seorang ulama besar kharismatik pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Gelar disematkan menjadi nama sebuah jalan desa dengan total panjang 3.700 meter yang dibetonisasi oleh Kodim 0608 Cianjur melalui program TMMD ke 116 TA 2022.

Kepala Desa Cibadak Elan Hermawan mengatakan, dipilihnya nama KH Zain Abdusomad, mempunyai cerita sejarah panjang dan menjadi panutan warga dengan ketokohannya.

Selain itu lanjut Elan, KH Zain Abdusomad juga sering syiar agama Islam di Desa Cibadak.

"KH Zain Abdusomad atau lebih dikenal dengan mama gelar adalah orang pertama yang memperlebar jalan, bersama warga hingga bisa dilalui kendaraan roda empat sekitar tahun 1990, yang kemudian pada tahun 2022 dibetonisasi oleh Kodim 0608 Cianjur melalui program TMMD," terang Elan  Senin (05/06/2023).

KH Zain Abdusomad, semasa hidupnya melakukan syiar agama dengan membuka sebuah majlis Ta'lim Al Afip di Kampung Pasir Bentang sekitar 2,5 kilometer dari lokasi Kantor Desa Cibadak.

Jasa serta nama besarnya menjadi pertimbangan penggunaan nama KH Zain Abdusomad sebagai nama jalan desa di Desa Cibadak.

"Dari dasar sejarah yang terjadi, menjadi pertimbangan kami untuk menyematkan namanya menjadi jalan desa, sebagai rasa hormat dan penghargaan yang sangat besar kepada beliau dari warga masyarakat desa cibadak," ujar Elan.

Elan menegaskan, keputusan penggunaan nama KH Zain Abdusomad diambil setelah adanya kesepakatan bersama para tokoh masyarakat dan para alim ulama di Desa Cibadak.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut