get app
inews
Aa Read Next : Hipatitis Akut, Dinkes Cianjur: Waspada! Serang Anak-anak

Dinkes Cianjur dirikan Posko kesehatan

Selasa, 08 November 2022 | 23:25 WIB
header img
Dinkes Cianjur dirikan Posko kesehatan ( Poto: istimewa )

CIANJUR, iNewsCianjur.id, - Dinas Kesehatan Cianjur, mendirikan Posko kesehatan untuk warga korban banjir bandang serta membantu membersihkan rumah mereka dari lumpur banjir.

Posko untuk pelayanan kesehatan di Kampung Jogjogan, Desa Cidamar, di Kecamatan Cidaun.

"Untuk pasokan obat disediakan Dinkes Cianjur, sedangkan untuk tenaga kesehatan dibantu dari Puskesmas setempat dan KSR sesuai bidangnya. Kita maksimalkan penanganan sampai lima hari ke depan sesuai standar penanganan bencana," katanya.

setiap harinya dapur umum yang dibangun tidak jauh dari perkampungan warga terdampak banjir, melayani pangan 150 orang warga mengungsi, akibat rumah mereka rusak dan harta benda termasuk beras hilang terbawa derasnya banjir.

Sedangkan posko kesehatan yang akan didirikan bersebelahan dengan dapur umum untuk melayani warga yang mengeluhkan sakit seperti batuk, pilek, gangguan pernafasan dan gatal-gatal dari sejumlah kampung yang terdampak bencana banjir.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur Rudi Wibowo mengatakan akibat banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Cidaun, menyebabkan 115 rumah warga terendam banjir, 28 diantaranya rusak berat dan tiga rumah hilang terbawa banjir.

"Hasil pendataan 261 orang mengungsi karena rumah mereka rusak berat, sedang dan ringan, sebagian besar mengungsi ke rumah sanak saudaranya atau tetangga yang dinilai aman dari banjir. Hari ini sebagian kecil sudah mulai membersihkan rumah dibantu petugas gabungan," katanya.

Editor : Nursidik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut