Shin Tae-yong Sodorkan Daftar Pemain Naturalisasi ke PSSI untuk Bela Timnas Indonesia, Siapa Saja?

M. Rizki Fauzi Sidik
.
Rabu, 31 Agustus 2022 | 23:11 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) menyodorkan daftar pemain naturalisasi atau keturunan untuk masuk ke dalam skuad Timnas Indonesia U-19 ke PSSI. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsCianjur.id - Pelatih Timnas IndonesiaShin Tae-yong (STY) menyodorkan daftar pemain naturalisasi atau keturunan untuk masuk ke dalam skuad Timnas Indonesia U-19 ke PSSI. Sayang, STY tak menyebutkan siapa saja penggawa yang diinginkannya itu kepada wartawan.

Proses naturalisasi harus melalui prosedur yang panjang. Sebagai contoh, proses naturalisasi duo pemain keturunan di Timnas Indonesia senior, Sandy Walsh dan Jordi Amat memakan waktu berbulan-bulan.

Sementara itu, Piala Dunia U-20 2023 akan dilaksanakan pada pertengahan tahun depan. Dikhawatirkan jika naturalisasi pemain keturunan tidak disegerakan, maka pemain tersebut tidak akan tampil di event akbar tersebut.

Sebelumnya, Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan mendorong Shin Tae-yong agar segera menyerahkan daftar rekomendasi pemain keturunan. Kabar baiknya, Shin Tae-yong kini sudah memberikan daftar rekomendasi pemain keturunan tersebut kepada PSSI.

“Untuk U-20 sendiri saya hari ini sudah mengajukkan (rekomendasi pemain keturunan) kepada Pak Ketum hari ini, jadi Pak Ketum pun sudah bicara akan bantu, agar prosesnya semakin cepat,” kata Shin Tae-yong kepada awak media di Senayan, Selasa (30/8/2022).

Timnas Indonesia U-19 masih jauh dari kata sempurna. Tentu amunisi tambahan berupa pemain keturunan akan sangat membantu.

Terlebih Timnas Indonesia U-19 akan berlaga di Piala Dunia U-20. Lawan-lawan di Piala Dunia U-20 bukan lagi level Asia Tenggara atau Asia, melainkan internasional. Terdekat, Timnas Indonesia U-19 akan melakoni laga Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Sebelum kedatangan pemain keturunan, para pemain lokal harus terlebih dahulu membuktikan kualitasnya di ajang yang digelar pada tanggal 14 sampai 18 September 2022.

 

Editor : Nursidik
Bagikan Artikel Ini