Bandingkan di AFF, Ini Peringkat Timnas Indonesia Bila Berada di EAFF

Andri Kartanegara
.
Kamis, 25 Agustus 2022 | 11:31 WIB
Bila Timnas Indonesia tergabung di EAFF, maka Skuad Garuda ada di peringkat 6. (iNewspalembang.id/pssi.org)

JAKARTA, iNewsCianjur.id –Pascaketidakpuasan PSSI terhadap Piala AFF U-19 beberapa waktu lalu, otoritas sepakbola tertinggi di Indonesia ini langsung dikait-kaitkan dengan EAFF atau konfederasi sepakbola Asia Timur. 

Kendati pada akhirnya PSSI mengurungkan niat untuk meninggalkan AFF, namun melihat posisi Indonesia melalui perbandingan ranking FIFA, penting juga untuk mengetahui seberapa kuat posisi masing-masing negara di AFF dan EAFF.

Artinya, tak ada salahnya berbicara terkait peringkat Timnas Indonesia di EAFF. Sekalipun Skuad Garuda tetap bagian dari AFF 

Karena dengan mengintip peringkat Timnas Indonesia di EAFF, bisa menjadi tolok ukur kualitas Timnas di AFF saat ini atau sebaliknya.

Cara sederhana melihat peringkat Timnas Indonesia di EAFF adalah dengan melihat perbandingan ranking FIFA antara negara-negara AFF dan EAFF. 

Nah sebelum melihat posisi Indonesia di EAFF, patut dilihat dulu peringkat Timnas di antara negara-negara Asia Tenggara atau AFF.

Posisi Timnas Indonesia di AFF

Bila Australia dimasukkan, maka Negeri Kanguru itu menjadi yang teratas di AFF. Karena, Australia kini menempati ranking 39 FIFA. Australia memang tergabung sebagai anggota AFF sejak tahun 2013.

Hanya saja, Australia tidak pernah ambil bagian di Piala AFF senior hingga saat ini. Federasi Sepakbola Australia (FA) sejauh ini hanya ikut serta di turnamen kelompok umur yang di AFF. Antara lain seperti kelompok U-16 dan U-19. 

Peringkat Timnas Indonesia di EAFF

Saat ini, EAFF diketahui memiliki 10 anggota. Kontestan atau anggota yang sudah bergabung bersama EAFF, antara lain Jepang, Korea Selatan, Taiwan, China, Hong Kong, Guam, Korea Utara, Macau, Mongolia, dan Kepulauan Mariana Utara.

Harus diakui, banyak dari negara anggota EAFF yang memiliki peringkat FIFA atau dunia yang lebih baik ketimbang Indonesia. Ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Timnas Indonesia untuk bisa terus meningkatkan kualitas dan posisinya di dunia.

Jika diasumsikan Indonesia bergabung ke EAFF, maka Timnas akan berada di peringkat ke-6.

Lima anggota EAFF yang posisinya di atas Indonesia adalah Jepang (24), Korea Selatan (28), China (78), Korea Utara (112), dan Hong Kong (145).

Sementara, lima negara Asia Timur lain yang peringkat FIFA-nya berada di bawah Indonesia antara lain adalah Taiwan (157), Makau (182), Mongolia (184), Guam (205), dan Kepulauan Mariana (tidak memiliki peringkat).

Dengan kata lain, posisi Indonesia sebenarnya adalah sama saja. Baik di AFF atau EAFF, Indonesia akan menjadi negara dengan urutan keenam.

Berikut Perbandingan Ranking FIFA negara AFF dan EAFF:

Ranking Negara AFF

1. Australia 39

2. Vietnam 97

3. Thailand 111

4. Filipina 134

5. Malaysia 147

6. Indonesia 155

7. Myanmar 158

8. Singapura 159

9. Kamboja 174

10. Laos 183

11. Brunei 190

12. Timor Leste 199

Ranking Negara Anggota EAFF

1. Jepang 24

2. Korea Selatan 28

3. China 78

4. Korea Utara 112

5. Hong Kong 145 6. Taiwan 157

7. Macau 182

8. Mongolia 184

9. Guam 205

Demikian adalah ranking atau peringkat Timnas Indonesia di EAFF.

Perbandingan peringkat tersebut juga dapat dijadikan acuan atau tolok ukur kualitas dan kekuatan negara-negara di Asia, khususnya Indonesia.

Editor : Nursidik
Bagikan Artikel Ini