get app
inews
Aa Read Next : YKMI Minta Aksi Palestine Solidarity Camp Ikut Serukan Boikot Produk Terafiliasi Israel

Bernuansa Jawa, Inilah Makna dari Logo Asean Paragames 2022

Selasa, 26 Juli 2022 | 17:01 WIB
header img
Logo Asean Paragames di Kota Solo (Foto:Ist)

CIANJUR, iNews.id - Untuk kedua kalinyakota Solo menjadi tuan rumah penyelenggaraan ASEAN Para Games. Pada pelaksanaan ASEAN Paragames tahun 2011, Kota Solo untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah.

Tahun 2022 ini kota Solo kembali menjadi tuan rumah APG ke XI dimana Pembukaan ASEAN Para Games akan dilakukan di Stadion Manahan Solo pada 30 Juli mendatang.

Dalam setiap pelaksanaan ASEAN Para Games selalu ada ikon unik berupa Logo, dan setiap tahun logo yang dipakai pun juga berbeda-beda.

Berkesempatan menjadi tuan rumah pelaksanaan ASEAN Para Games 2022, Panitia penyelenggara membuat logo ASEAN Para Games kali ini penuh dengan konsep tradisional Jawa. 

Sejumlah aksen khas Jawa seperti keris, gunungan wayang, dan aksara Jawa Hanacaraka menghiasi logo tersebut.

Logo yang digunakan menggambarkan peranan aktif, pengharapan, dan keseimbangan serta tekad bulat untuk tumbuh dan senantiasa lebih baik di setiap babak.

Peletakan keris dalam logo tersebut sebagai perlambang tepat bagi kewibawaan para atlet Paralimpiade di dunia dan khususnya.

Makna dari setiap bagian dari logo 

Wayang/Gunungan: simbol dari pergantian babak baru atau cerita baru setelah menghadapi masa pandemi untuk bangkit kembali dan menggapai tujuan bersama

.Keris Ladrang Surakarta: simbol perjuangan dan kehormatan yang diharapkan mampu mewakili semangat para atlet ASEAN Para Games 2022

Makna dari setiap warna dari logo

Warna Emas: 

memberikan kesan autentik dan bermakna serta memiliki makna sebuah kesuksesan

Warna Coklat: memiliki arti kesederhanaan, kenyamanan dalam budaya, serta memberi kesan kehangatan dan keramahan

Warna Hitam: 

Menyimpan makna kekuatan dan kepercayaan diri yang tinggi

Dengan arti yang sangat mendalam dari logo ASEAN Para Games yang diselenggarakan di Indonesia, harapannya penyelenggaraan perhelatan akbar olahraga ini bisa menjembatani pintu persahabatan antara negara di Asia Tenggara, menciptakan perdamaian antar negara serta berdampak baik dan positif bagi banyak orang

Editor : Nursidik

Follow Berita iNews Cianjur di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut