get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Penghobi Tanaman di Cianjur Ikuti Indonesia Hoya Plant Festival

Tim Gabungan Sidak Lokasi Yang Diduga Jadi Pembuangan Limbah B3

Rabu, 22 Juni 2022 | 14:09 WIB
header img
Tim gabungan saat melakukan sidak lokasi yang diduga dijadikan tempat pembuangan limbah B3. (Foto: Istimewa)

CIANJUR, iNews.id - Tim gabungan yang terdiri dari KLHK, DLH dan Petugas TNI Sektor 11 Citarum Harum, melakukan sidak lokasi yang diduga dijadikan tempat pembuangan limbah B3.

Berlokasi di Kampung Rancamoyan RT. 03/13 Desa Gunungmasigit, Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Sabtu (18/06/22) lalu.

Sidak tersebut dilakukan berdasarkan informasi dari warga sekitar, yang menduga dilokasi tersebut dijadikan tempat pembuangan limbah B3, yang dibawa dari daerah luar Kabupaten Bandung Barat. 

Komandan Sektor 11 Citarum Harum, Kolonel Infanteri, Chandra Wirawan menerangkan, dengan adanya informasi dari beberapa warga Desa Gunungmasigit, pihaknya langsung ke lokasi sekitar pukul 09 ,00 Wib.

Dalam sidak tersebut ditemukan beberapa alat dan barang bukti yang diduga bekas buangan limbah. Diantaranya, karung, tanah, air dan alat lainnya yang kemudian diperiksa secara pasti oleh Timgab tersebut.

"Untuk sementara hasil sidak tidak menemukan tumpukan limbah B3. Tapi Tim belum bisa memastikan karena perlu adanya proses penelitian secara akurat melalui labotatium yang akan dilakukan oleh para ahli," katanya.

Bila hasil pemeriksaan labotatium dipastikan itu benar limbah B3, maka pihak Tim akan menutup lokasi tersebut, supaya tidak membuang limbah lagi dilokasi yang notabene dekat dengan pemukiman warga atau dekat dengan sumber air yang bermuara ke Sungai Citarum. 

"Pasti atau bukannya limbah B3 yang dilaporkan warga, bisa diketahui secara pasti setelah diteliti melalui uji test labotarium," pungkasnya.

Editor : Nursidik

Follow Berita iNews Cianjur di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut