get app
inews
Aa Read Next : 198 Ribu KK Warga Cianjur Masuk Dalam Kategori Miskin Ekstrem Perbaikan Rutilahu Terbatas

Nyaris Ambruk, Pasangan Lansia Warga Haurwangi Huni Rutilahu

Rabu, 15 Juni 2022 | 21:23 WIB
header img
Emak Uum (60) seorang lansia bersama sang suami warga Kampung Cipetir, Desa Sukatani, Haurwangi, Cianjur, tinggal di rumah tidak layak huni (Rutilahu). (Foto: Istimewa)

CIANJUR, iNews.id - Emak Uum (60) seorang tua renta bersama sang suami warga Kampung Cipetir, Desa Sukatani, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat tinggal di rumah tidak layak huni (Rutilahu). 

Pasangan suami istri sudah lanjut usia (Lansia) tersebut masih tetap tinggal disana, karena mungkin itulah satu-satunya rumah dimiliknya.

Emak Uum bercerita, siapa yang peduli membantu. Bahkan ia sendiri pun sudah tak peduli, ya karena memang tak mampu. 

"Suami emak tak bekerja dan sudah tua, sakit-sakitan juga. Anak hanya kuli bangunan, penghasilannya hanya cukup buat makan," ucapnya, kepada awak media, Rabu (15/6/2022).

Sementara itu, Eti (50) seorang tetangga emak Uum warga setempat mengatakan, keadaan rumah seperti ini sudah satu tahun, belum ada perbaikan atau bantuan dari siapapun.

"Sudah pernah ngajuin juga, seperti ke desa dibantu RT, RW, tapi katanya jawabannya iya, nanti nanti gitu jawabannya," katanya.

Ia berharap, semoga ada pihak yang membantu emak Uum untuk merenovasi rumahnya agar menjadi layak di tempati.

"Mau gimana ngerenovasi, ada juga buat makan, buat anaknya, juga buat berobat, kerena kan udah pada sakit. Emak Uum juga sama biasanya ikut kerja serabutan sama petani, sekarang enggak karena suka sakit," jelasnya.

Eti menambahkan, suami emak Uum tidak mau keluar dari rumahnya yang hampir roboh.

"Apalagi kalau sedang hujan, di suruh keluar juga gak mau, dia di dalam aja, gak mau keluar. Saya juga suka kasian, pengen bantu, tapi saya juga gak punya, ya semoga aja ada dari pihak manapun yang bisa membantu keluarga emak Uum," pungkasnya.

Editor : Nursidik

Follow Berita iNews Cianjur di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut