Sandal Tarumpah Cianjur: Warisan Budaya yang Tak Lekang oleh Waktu

Jenal
Salah satu produk tarumpah Cianjur dengan ciri khas payung indung yang menutup ibu jari (indung suku), Foto : iNewsCianjur.id/Jenal.

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Cianjur, terkenal dengan kota santri yang kaya akan budaya, menyimpan salah satu warisan leluhur yang tak ternilai.

Sandal Tarumpah lebih dari sekadar alas kaki, sandal ini adalah cerminan kearifan lokal, hasil karya tangan terampil para pengrajin, dan simbol identitas masyarakat Cianjur.

Asal-usul Sandal Tarumpah tak lepas dari kreativitas para perajin di Cianjur. Awalnya, sandal ini dibuat dari bahan sederhana seperti kayu kelapa yang diukir dengan motif sederhana. Seiring berjalannya waktu, bahan kulit sapi dan kerbau berkualitas tinggi menggantikan kayu, menjadikan Sandal Tarumpah lebih awet dan nyaman digunakan.

Hingga kini, tradisi pembuatan Sandal Tarumpah terus lestari. Kang Sukma, salah satu pengrajin ternama, masih setia mempertahankan teknik pembuatan tradisional.

"Sandal Tarumpah khas Cianjur ini merupakan sandal yang mempunyai keunikan tersendiri, dengan motif khas budaya sunda," kata Kang Sukma.

Sukma mengatakan, keunikan yang membedakan bahan alami berkualitas menggunakan kulit sapi atau kerbau pilihan menjadi bahan utama, menghasilkan sandal yang kokoh dan berumur panjang. 

"Sol dari karet mentah memberikan kenyamanan dan keamanan saat melangkah di berbagai permukaan," ujarnya.

Dijelaskan Kang Sukma, dalam ukiran san motif tradisional yang indah, seperti bunga, daun, atau geometri, pada setiap pasang sandal.

"Setiap pasang Sandal Tarumpah dibuat dengan penuh ketelitian dan kesabaran, menghasilkan produk unik yang sarat nilai seni," jelasnya.

Ragam model, satu kualitas
Sandal Tarumpah hadir dalam berbagai model untuk memenuhi selera yang beragam, seperti Sandal Polos, desain minimalis tanpa ukiran, cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Sandal Ukiran, dengan hiasan ukiran yang memukau, sandal ini cocok untuk acara khusus atau sebagai hadiah istimewa.

Beragam pilihan warna, mulai dari warna natural hingga warna cerah, Sandal Tarumpah memberikan banyak pilihan untuk menyesuaikan dengan gaya pribadi.

Sandal Tarumpah bukan sekadar alas kaki, tetapi juga simbol identitas dan kebanggaan masyarakat Cianjur. Dengan mengenakan Sandal Tarumpah, turut melestarikan warisan budaya dan mendukung kelangsungan hidup para pengrajin lokal.

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network