2025, Pemkab Cianjur Akan Bangun Embung di Kawasan Pasar Rakyat Ciranjang

Dani Jatnika
Bupati Cianjur, Herman Suherman.

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Pemerintah Kabupaten Cianjur berencana membangun embung atau bak penampung air di kawasan Pasar Rakyat Ciranjang. 

Embung tersebut berguna untuk pengairan lahan pertanian, pengendalian banjir, tempat wisata, dan untuk memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat Ciranjang yang sering dilanda kekeringan.

Menurut Bupati Cianjur, Herman Suherman, pihaknya menggencarkan program ketahanan pangan salah satunya meningkatkan hasil produksi pertanian, sehingga saat kemarau, lahan yang selama ini terlantar tetap dapat ditanami dan diairi dari  embung ini.

"Pembangunan embung ini merupakan upaya pemerintah daerah dalam memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat dalam meningkatkan hasil produksi pertanian sehingga program ketahanan pangan berkelanjutan di Cianjur dapat terjaga," kata Herman saat dihubungi lewat sambungan telepon, Sabtu, 3 Agustus 2024.

Herman mengatakan Pemkab Cianjur telah memberikan berbagai bantuan untuk petani dalam upaya meningkatkan produksi pertanian, termasuk memberikan bantuan alat pertanian dan bantuan pompa air.

Selain itu Pemkab Cianjur juga, sepanjang 2024 melalui dinas terkait, telah membangun puluhan sumur bor untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih dan air untuk pertanian diwilayah yang sering dilanda kekeringan.

"Pemkab Cianjur juga telah memberikan bantuan pompa air guna memudahkan petani di lahan tadah hujan agar tetap menghasilkan produksi terutama palawija dan tanaman pangan lainnya yang memiliki nilai ekonomi tinggi," imbuh Herman.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (PUTR) Cianjur, Eri Rihandiar mengatakan rencananya pembangunan embung akan dibangun di kawasan Pasar Rakyat Ciranjang pada 2025 mendatang. Sekarang baru tahap perencanaan teknis atau Detail Engineering Design (DED).
 
"Untuk sekarang baru membahas rencana anggaran biaya (RAB) dan luasan embung yang dibangun tapi kemungkinannya akan luas karena akan dijadikan juga tempat wisata," tutur Eri.

Eri menambahkan, ditempat tersebut juga akan dibangun sarana dan prasarana penunjang seperti taman dan jogging track. 

Pembangunan embung tersebut merupakan usulan Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskuperdagin) Cianjur.

"Semoga saja rencana pembangunan embung berjalan lancar sesuai rencana. Proses pengerjaan akan dilakukan awal tahun depan dengan target pembangunan tuntas sebelum akhir 2025," pungkasnya.

Editor : Azhari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network