Ironis, Siswa SDN Cipeuyeum 5 Belajar di Kelas yang Nyaris Roboh

Dani Jatnika
Seorang siswi SDN Cipeuyeum 5 berada di salah satu kelas yang kondisinya mengkhawatirkan.

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Tiga unit ruang kelas belajar Sekolah Dasar (SD) Negeri Cipeuyeum 5, Kecamatan Haurwangi, kondisinya sangat mengkhawatirkan. 

Kondisi langit-langit kelas yang nyaris roboh dan membahayakan peserta didik, Ironisnya, kelas tersebut masih tetap digunakan dengan alasan tidak ada lagi ruangan lain. 

Tiga unit ruang kelas yang rusak tersebut yaitu ruang kelas 1,2 dan 3.

"Iya masih kami gunakan untuk kegiatan belajar mengajar (KBM) meski dengan perasaan khawatir. Apalagi kalau turun hujan, atapnya bocor. Kalau hujan KBM langsung kami berhentikan karena khawatir kalau sampai ambruk," ungkap Kepala SDN Cipeuyeum 5, Dadan Hermawan.

Dirinya mengatakan, ruang kelas tersebut sudah rusak sejak lama, bahkan sebelum dirinya menjabat sebagai kepala sekolah. 

Pihaknya pun sudah berupaya melaporkan kerusakan sejak 2017 ke Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) dan pihak terkait dengan harapan ada perbaikan. Namun hingga saat ini belum ada tindakan.

"Kami bahkan sudah beberapa kali mengajukan perbaikan. Pihak dinas sudah beberapa kali datang melihat kondisinya. Namun hingga saat ini belum ada perbaikan dan kejelasan," ujarnya saat ditemui di sekolah pada Kamis, 18 Juli 2024.

Terpisah, Kepala Seksi Sarana Prasarana Bidang SD, Disdikpora Kabupaten Cianjur, Baehaki mengatakan, akan segera menindaklanjuti kerusakan ruang kelas di SDN Cipeuyeum 5. 

Rencananya pekan depan pihaknya akan ke lokasi melakukan pengecekan ke lokasi kembali.

"Kami akan segera melakukan pengecekan ke sekolah tersebut. Kami akan mencoba meminta bantuan perbaikan melalui APBD Pemkab Cianjur atau melalui pemerintah pusat anggaran Dana Alokasi Umum (DAU). Intinya akan diperhatikan untuk rehab pembangunan SDN Cipeuyeum 5," pungkasnya.

Editor : Azhari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network