Target PBB P2 2024 Baru Capai 5,73 Persen

Dani Jatnika
Kantor Bapenda Cianjur, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Target Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) Kabupaten Cianjur di 2024 sebesar Rp63,6 miliar. Namun, pencapaian selama lima bulan terakhir masih rendah atau sekitar Rp3,6 miliar atau 5,73 persen. 

"Secara keseluruhan pencapaian pajak daerah realisasinya sudah mencapai Rp68,2 miliar atau 25,09 persen dari target pajak keseluruhan Rp271,9 miliar. Namun untuk PBB masih rendah, sekitar Rp3,6 miliar atau 5,73 persen," ujar Kepala Bidang (Kabid) Penagihan Pajak Daerah Bapenda Cianjur, Samudra Wira Purnama, beberapa waktu lalu. 

Berbagai upaya yang dilakukan semata-mata untuk meningkatkan pendapatan daerah yang dampaknya bisa dirasakan sendiri masyarakat melalui berbagai pembangunan.

"Upaya mengoptimalkan penagihan pajak, juga kita lakukan di antaranya dengan membentuk Tim Optimalisasi Pajak (TOP). Kemudian kita juga kerja sama dengan Kejaksaan Negeri Cianjur, salah satunya berkaitan dengan Perdata dan Tata Usaha Negara," jelasnya.

Pola tersebut, tambah Samudra, bertujuan untuk mengetahui apakah SPPT sudah disampaikan ke wajib pajak atau belum, karena SPPT dan buku pajak sudah dikirim sejak beberapa bulan terakhir dan seharusnya sudah sampai ke tangan wajib pajak.

"Hingga saat ini realisasi penerimaan pajak masih terus berproses. Dengan berbagai upaya yang dilakukan, kami optimistis penerimaan pajak daerah bisa tercapai. Malahan di tahun berjalan sudah ada sektor pajak yang mencapai target bahkan lebih," pungkasnya.

Editor : Azhari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network