Panwascam Sindangbarang Pastikan 35 PKD Bukan Anggota Parpol

Gusti Wilantara
Para PKD dua kecamatan ikuti bimtek peningkatan kapasitas Pilkada Serentak 2024.

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Panwascam Sindangbarang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) Pilkada 2024 di Pendopo Alun-alun Sindangbarang pada Kamis, 20 Juni 2024.

Kegiatan bimtek diikuti sebanyak 35 PKD dari dua kecamatan, yakni kecamatan Sindangbarang dan Cidaun.

Ketua Panwascam Sindangbarang Endang Sopandi mengatakan, bimtek yang digelar tersebut untuk tahapan Pilkada 2024, sehingga dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang siap untuk melakukan upaya pencegahan, dalam melakukan pengawasan di wilayah masing-masing.

"Melalui bimtek ini, PKD yang ada di dua kecamatan dapat memahami dan mengetahui langkah yang harus dilakukan pada saat melakukan tugas. Selain itu untuk mewujudkan Pemilukada yang demokratis di wilayah Kecamatan Sindangbarang dan Cidaun," kata dia dihadapkan para PKD.

Dirinya juga memastikan jika para petugas PKD yang terpilih bukan bagian atau anggota dari partai politik (parpol) untuk memastikan netralitas saat penyelenggaraan Pilkada 2024.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kabupaten Cianjur, Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa, Indra Suryadarma mengungkapkan, sangat mendukung kegiatan tersebut, agar PKD yang ada di Kecamatan Sindangbarang dan Cidaun, dapat memilah jenis pelanggaran pada Pemilukada mendatang.

Pengawas pemilu lanjut dia, harus siap dan tidak ada intervensi dari manapun. Dan tugas pengawas dilindungi undang-undang. Sehingga Pemilukada mendatang berjalan lancar dan tertib. Lakukan dengan regulasi sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

"Saya berharap seluruh PKD yang ada di kecamatan Sindangbarang dan Cidaun siap  menegakkan aturan Pilkada Serentak 2024," pungkasnya.

Editor : Azhari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network