Perkuat Ketahanan Pangan, Bupati Cianjur Bantu Petani Permudah Pinjaman Modal

Dani Jatnika
Bupati Cianjur, Herman Suherman.

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Guna membantu para petani, Bupati Cianjur Herman Suherman siap membantu para petani untuk mendapatkan pinjaman modal dalam mengelola lahannya untuk mendorong progam ketahanan pangan.

Menurut Herman, pinjaman tersebut diperuntukkan bagi para petani yang kesulitan biaya dalam menggarap lahan pertaniannya. Sehingga bila para petani menggarap lahan pertaniannya, maka persediaan ketahanan pangan akan tercukupi di Kabupaten Cianjur.

“Insyaallah Pemkab Cianjur mau bantu peminjaman modal, Pemkab Cianjur  memiliki bank perkreditan rakyat (BPR). Pinjaman tersebut tidak usah memakai jaminan. Bunganya akan kami subsidi,” ujar Herman di Pendopo pada Rabu, 12 Juni 2024.

Herman mengharapkan, pinjaman BPR dapat mengurangi ketergantungan para petani untuk meminjam ke bank dengan sistem bunga tinggi.

“Pemkab Cianjur siap memfasilitasi para petani dalam peminjaman ke bank konvensional yang bunganya cukup rendah. Selain itu dapat mengurangi para petani meminjam uang ke bank emok yang dapat menjerat petani dari praktik rentenir," katanya.

Herman meyebutkan bahwa sumber ketahanan pangan Cianjur sangat melimpah sehingga harus benar-benar dimanfaatkan dan dikelola dengan benar.

“Masih banyak lahan tidur bahkan terbengkalai dibiarkan, tidak dikelola karena petani tidak memiliki modal untuk menggarapnya. Sehingga dengan bantuan kemudahan peminjaman modal bagi petani, mereka bisa menggarap lahannya sehingga ketahanan pangan kita dapat terjaga," pungkas Herman.

Editor : Azhari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network