DPMD Dorong Pengembangan Potensi Desa Wisata Guna Tingkatkan Perekonomian

Dani Jatnika
Pantai Cemara Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun jadi salah satu potensi pengembangan Desa Wisata.

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Kabupaten Cianjur memiliki potensi alam yang sangat potensial untuk dikembangkan bahkan di tiap pelosok desa. 

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur, terus berupaya untuk mendorong dalam pengembangan desa-desa menjadi destinasi wisata. 

"Kita dorong terus dengan memaksimalkan potensi di setiap desa. Upaya itu tak terlepas agar ke depan potensinya bisa berbanding lurus dengan upaya dalam membentuk desa wisata," ujar Kepala DPMD Kabupaten Cianjur, Iwan Setiawan pada Minggu, 9 Juni 2024. 

Menurut Iwan, berdasarkan kondisi demografi, setiap desa di Cianjur memiliki potensi masing-masing. Berkenaan dengan konsep desa wisata, DPMD mengharapkan agar setiap potensi itu bisa dioptimalkan.

"Jadi kita mendorongnya dari potensi dulu karena setiap desa tidak sama. Potensi di wilayah utara tentu berbeda dengan desa yang ada di wilayah selatan," katanya.

Iwan menambahkan, jika suatu desa memiliki potensi yang menonjol, pemerintah desa setempat selanjutnya akan berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) untuk usulkan menjadi desa wisata. 

"Dengan adanya desa wisata diharapkan dapat menumbuhkan sektor ekonomi yang berefek dengan kesejahtetaan masyarakat. Sambil kita terus lakukan penguatan sektor ekonomi desa," imbuh Iwan.

Dalam proses pembentukan desa wisata, pihaknya akan melakukan pendampingan sembari memetakan potensinya. Sebab menurutnya, tidak semua desa tahu cara melihat potensi yang ada.

“Kadang mereka tahunya pariwisata itu berkaitan dengan keindahan alam. Padahal pariwisata bisa budaya, kerajinan (craft), pendidikan, dan lainnya. Kami akan membantu desa-desa agar bisa memotret potensi dan menggulirkan ide, gagasan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan,” katanya

Selain itu, pemerintah juga akan membantu melalui program Desa Wisata dari Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT). 

"Untuk tahun ini, ada dua desa di dua kecamatan yang mendapatkan bantuan pengembangan desa wisata yaitu di Kecamatan Cugenang dan Kecamatan Cidaun. Kalau yang di Cidaun itu pengembangan potensinya lebih ke kawasan pantai. Sementara di Kecamatan Cugenang lokasinya di Desa Gasol," pungkas Iwan.

Editor : Azhari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network