Warga Pesisir Pantai Ciwidig Temukan Anak Lumba-lumba Terdampar di Muara

Dani Jatnika
Lumba-lumba terdampar di pantai Ciwidig, Cianjur selatan, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Warga pesisir Desa Kertajati, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, dihebohkan dengan penemuan seekor anak lumba-lumba yang terjebak di tepi muara Pantai Ciwidig yang dipenuhi tumbuhan Gulma dan sampah.

Beruntung warga yang menemukan hewan mamalia tersebut segera mengevakuasi dan dikembalikan ke habitatnya di laut sehingga bisa selamat.

Menurut Camat Cidaun Slamet Riyadi, penemuan lumba-lumba sebenarnya terjadi Sabtu (25/5/2024) lalu. Namun karena ada warga yang merekamnya  dan mengaploadnya ke media sosial sehingga viral 

"Memang benar ada warga yang menemukan lumba-lumba yang terdampar di muara pantai Ciwidig. Kejadiannya hari Sabtu (25/5/2024) sore sekitar pukul 16.30 wib. Namun videonya viral sari kemarin Minggu hingga hari ini Senin karena saat penemuan itu ada warga yang merekam dan memviralkannya," tutur Slamet saat dihubungi lewat telepon Senin (27/5/2024) kemarin. 

Saat ditemukan, lumba-lumba tersebut ditemukan dalam keadaan sehat dan langsung dievakuasi dan dikembalikan ke laut.

"Setahu saya  penemuan lumba-lumba ini merupakan yang pertama kali terdampar di pantai Ciwidig. Sebelumya warga sudah beberapa kali menemukan paus tutul terdampar," pungkasnya.

Seperti yang viral di medsos penemuan anak lumba-lumba itu dalam video berdurasi 1:17 menit itu terlihat warga menemukan ikan berukuran besar di tepi muara, terjebak di antara tumbuhan air dan sampah.

Setelah didekati, ternyata itu merupakan anak lumba-lumba dengan panjang sekitar 1 meter. Salah seorang warga langsung turun ke muara dan mengangkut mamalia laut tersebut dan mengembalikan ke habitatnya di laut. Penemuan anak lumba-lumba tersebut merupakan yang pertama kali terjadi di Pantai Ciwidig.

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network