Puluhan Truk Muatan Sampah Antre di TPSA Pasir Sembung Kenapa?

Elan Hermawan
Antrean puluhan truk muatan Sampah di TPAS Pasir Sembung Cilaku Cianjur, Foto, iNewsCianjur.id/ist

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Puluhan truk pengangkut sampah mengantre di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Pasir Sembung, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku Cianjur. Kondisi ini sudah terjadi sejak sebulan lalu.

Kepala Seksi Pengolahan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur, Gandi Sugandi, mengungkapkan, penumpukan truk pengangkut sampah terjadi karena tidak ada lagi lahan untuk pembuangan.

Padahal, di lokasi TPAS Pasir Sembung sudah disediakan kurang lebih 4,6 hektar lahan untuk tempat pembuangan sampah darurat sejak bulan lalu. Namun saat ini, semua lokasi tersebut sudah penuh.

“Ada tiga lokasi disiapkan untuk pembuangan sampah sementara, yaitu satu lokasi seluas 2.600 meter persegi, dan dua lokasi seluas 1.000 meter persegi. Namun semuanya sudah penuh dan saat ini kami menunggu instruksi dari atasan untuk lokasi pembuangan sampah,” ujar Gandi. 

Gandi mengatakan, sebelum TPAS Mekarsari Kecamatan Cikalongkulon beroperasi, sampah di 16 kecamatan di Kabupaten Cianjur akan terus berdatangan ke TPAS Pasir Sembung meskipun sudah ditutup.

“Karena kalau bukan ke sini mau buang ke mana lagi. Kami juga sedang menunggu TPAS Mekarsari bisa beroperasi baru kami alihkan pembuangan ke sana,” kata dia.

Tumpukan sampah sudah terlihat dari sisi jalan. Mobil-mobil pengangkut sampah pun mengantri sampai ke gerbang TPAS Pasir Sembung.

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network