Puluhan Warga di Drsa Cibadak Cibeber Gotongroyong Bangun Bendungan Aliri Hektaran Sawah

Taufik Winata
Kompak puluhan warga di Desa Cibadak Kecamatan Cibeber bikin bendungan dadakan di aliran sungai, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Puluhan orang warga dari enam Kampung di Desa Cibadak, bergotong royong membangun bendungan air di kali Cimenteng, Minggu (15/10/2023).

Bendungan air yang dibangun warga tersebut, terletak di Kampung Cilangkap RT.03/04 Desa Cibadak Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur.

Warga membangun bendungan dengan cara swadaya, menggunakan kawat bronjong dengan panjang 12 meter, lebar 2 meter dan mempunyai ketinggian 4 meter. Bendungan yang dibangun merupakan pusat sumber air yang mengaliri sawah milik warga seluas 25 Hektar, meliputi wilayah Kampung Cilangkap, Salongok, Lamping, Panyairan, Pasirpeso dan Cogreg.

Menurut keterangan Kepala Desa Cibadak, Elan Hermawan, Bendungan dibangun pada tahun 2012 dan rusak akibat adanya gempa bumi yang melanda wilayah Kabupaten Cianjur pada bulan November tahun 2022 silam.

"Setelah adanya gempa bendungan mengalami retak dan tak lama kemudian  ada hujan deras hingga debit air sangat deras,  sebabkan pondasi bendungan yang alami rerak tergerus air dan akhirnya jebol," ungkap Elan.

Menurut Elan, Warga secara sukarela bergotong royong karena mereka butuhkan air untuk sawah mereka

"Ini rencananya secara rutin di setiap hari minggu, warga bergotong royong hingga bendungan selesai di bangun dan dapat mengaliri sawah mereka seperti dahulu," kata Elan.

Salah seorang warga yang ikut bergotong royong, Ceceng (40) warga Kampung  Cogreg Desa Cibadak berharap, pemerintah bisa segera bangun kembali bendungan secara permanen.

"Semoga segera dibangun lagi, kalau bendungan ini kan sementara, saat hujan besar pun mungkin akan kembali tersapu arus, kita butuh bendungan yang kokoh dan permanen," ujar Ceceng.

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network