Kedapatan Over Stay, Dua Orang WNA Asal Nigeria Diamankan Kantor Imigrasi Cianjur

Dani Jatnika
Kantor Imigrasi Cianjur saat konferensi pers mengamankan dua orang WNA Nigeria, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Dua orang warga Negara Asing (WNA) asal Nigeria berhasil diamankan Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Cianjur oleh Tim Intelijen dan Penindakan karena overstay.

Penangkapan tersebut terjadi saat Tim Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Cianjur, mendapati laporan adanya dua WNA asal Nigeria ketika tengah berkunjung menjenguk saudaranya yang sakit ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cimacan pada 11 Juli 2023 sekitar pukul 22.00 WIB.

Ketika dilakukan pemeriksaan dokumen keimigrasian, diketahui bahwa paspor kebangsaan ke dua orang WNA tersebut  telah habis masa berlakunya atau over stay

Salah satu WNA berinisial OBE, dokumen paspornya berlaku atau habis pada tanggal 11 Oktober 2022. Sementara salah satu WNA berinisial CKC dokumen paspor berlaku hingga 15 Mei 2019.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat, R Andika Dwi Prasetya mengatakan, sekarang ini kedua WNA telah P21 atau telah ditangani oleh Kejaksaan Negeri Cianjur.

"Telah terjadi pelanggaran hukum keimigrasian dua orang berkebangsaan Nigeria yang kasusnya diawali dengan ditangkapnya kedua WNA ini oleh Tim Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Cianjur di RSUD Cimacan," tuturnya kepada awak media di Hotel Gino Feruci, Selasa (10/10/2023).

Menurut Andika, kedua WNA tidak memiliki dokumen keimigrasian lantaran telah habis masa berlakunya. Keduanya telah ada di Indonesia sejak 2019.

"Kedua WNA ini kita nyatakan secara sah dan menyakinkan, subjek orang asing yang melanggar pasal 119 ayat 1 UU Nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian," katanya.

Visa keduanya merupakan visa serupa dengan visa wisata atau kunjungan. Keberadaannya selalu berpindah-pindah untuk mengelabui petugas sehingga sulit terdeteksi. Namun, ketika datang ke Kabupaten Cianjur, keberadaannya diketahui berdasarkan dari laporan yang diterima Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Cianjur.

"Kami Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat memberikan apresiasi kepada Tim Kantor Imigrasi Cianjur tentunya beserta Tim Pemantauan Orang Asing, sehingga penegakan hukum keimigrasian di Cianjur bisa optimal dan di Jawa Barat baru Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Cianjur yang melakukan penangkapan di tahun 2023 inu," pungkasnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network