Diusia yang Ke-171 Kebun Raya Cibodas Konservasi Tumbuhan Asli Indonesia dan Luar Negeri

Yudi Dharmawan
Siswa-siswi saat mengikuti edukasi tentang pohon (Foto : iNewsCianjur.id/ist.)

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Diusianya yang ke 171 tahun, Kebun Raya Cibodas (KRC) yang ada dibawah kedeputian insfrastruktur badan riset dan inovasi Nasional (BRIN) fokus konservasi tumbuhan asli Indonesia dan Luar Negeri

Ada 1.981 spesies tanaman dari 11.958 spesimen yang telah terkonservasi, ada beberapa jenis tumbuhan terancam punah berdasarkan kategori International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN).

Sejak 11 April 1852 Kebun Raya Cibodas telah berperan penting dalam bidang penelitian dan konservasi serta berkontribusi dalam menjaga flora nusantara maupun mancanegara khususnya flora yang berasal dari dataran tinggi basah. 

Cibodas mengundang pelajar untuk mengikuti kelas edukasi diantaranya analisis kesehatan pohon, perbanyakan tanaman dan pengenalan alat infrastruktur pendukung penelitian dalam rangka hari jadi Kebun Raya Cibodas yang ke 171 tahun (11/4/2023).

Plt Direktur Pengelola Koleksi Ilmiah, Ratih Damayanti mengatakan, sebagai koleksi hidup, kebun raya merupakan amanah dari Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2023 tentang Pengarusutamaan Pelestarian Keanekaragaman Hayati dalam Pembangunan Berkelanjutan.

"Pemberian edukasi terhadap adik-adik pelajar merupakan langkah kongkrit yang sangat tepat, karena pelajar merupakan generasi masa depan yang diharapkan untuk dapat terus menjaga kekayaan negara Indonesia," kata Ratih.

Sementara itu Managing Director Kebun Raya Cibodas.id, mitra BRIN Marga Anggrianto mengatakan, pengelolaan 4 (empat) Kebun Raya, termasuk Kebun Raya Cibodas menuturkan bahwa sejatinya, karena Kebun Raya Cibodas ini merupakan Kawasan Konservasi Ilmiah milik BRIN yang hari ini telah berumur 171 tahun.

"Pada ulang tahun KRC yang ke-171, ini  Kebun Raya Cibodas tetap eksis, komitmen dan konsisten dalam menjalankan tugas," katanya.

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network