Rogan Soup Khas Cianjur Jadi Menu Favorit Saat Buka Puasa

Dani Jatnika
(Foto : iNewsCianjur.id/ist.)

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Rogan Soup khas Cianjur, kini menjadi menu favorit saat berbuka puasa. Rasanya yang nikmat, gurih, manis, dan enak sekali memang sangat pas sebagai makanan takjil.

Penganan berkuah manis berbahan utama roti tawar dan kelapa muda (dagang) ini banyak digemari tidak hanya orang Cianjur saja tapi juga dari daerah lain. Rasa dan aromanya yang khas membuat Rogan Soup semakin populer dan banyak diburu para pencinta kuliner.

Produknya sangat unik karena rogan dibungkus daun pisang dan sangat pas dikonsumsi saat hangat-hangatnya. Pembuatnya sangat pintar membuat peluang usaha makanan hingga dikenal luas dan sangat dicari oleh masyarakat.

Usaha Rogan Soup dimulai sejak tahun 2010 oleh seorang ibu bernama Empat Kurniawati. Ia membuatnya dari ide jenis makanan kudapan yang sering dibuat oleh orang tuanya, yaitu Jojongkong. Jika Joojongkong dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan kinca (gula merah), Rogan Cianjur ini dikombinasikan dari bahan roti dan sup susu serta santan.

"Awalnya coba-coba, ternyata banyak yang suka. Ya sudah ditekuni sampai sekarang," ujar Empat saat ditemui, iNews, Kamis (23/3/23).

Dari resep orangtuanya itu, Empat mencoba berinovasi dengan bahan-bahan yang dipilihnya sendiri, yakni roti tawar, daging kelapa muda, kolang-kaling dan kacang hijau. Semua bahan tersebut ditata, kemudian diberi kuah santan dan susu. Untuk menambah aroma dan cita rasa yang khas, Rogan Soup diberi beberapa lembar daun pandan.

Rogan Soup Cianjur ini memang spesial, saat bulan puasa tahun sebelumya bisa menjual sekitar 300 hingga 500 buah per hari. Seporsi Rogan Soup dijual dengan harga Rp 12.500. Pada momen Ramadhan ini, Mpat meluncurkan varian baru dengan tambahan pisang, yang dijual seharga Rp 14.000 untuk satu porsi. 

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network