get app
inews
Aa Read Next : Stabilkan Harga Beras, Pemkab Cianjur Dorong BUMDes Beli Gabah Petani

Pemdes di Kabupaten Cianjur jadi Magnet bagi Pemkab dari Luar Pulau Jawa

Rabu, 31 Juli 2024 | 19:53 WIB
header img
Caption Kades Cimacan, Kecamatan Cipanas Deden Ismail saat memberi paparan terhadap tamu dari Kabupaten Sekadau, Kalbar.

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Tiga pemerintahan desa (Pemdes) di wilayah Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur belakangan ini menjadi magnet sejumlah pemkab dari luar Pulau Jawa.

Seperti Desa Palasari yang menerima tamu dari BNN Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau, juga Desa Sindanglaya disambangi dari Pemkab Solok, Provinsi Sumatra Barat.

Kini giliran Pemdes Cimacan, dikunjungi rombongan dari Asosiasi BPD Nasional (ABPEDNAS) Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). Sebanyak 120 orang yang terdiri dari perwakilan Forkopimcam, kepala desa (kades) dan BPD dalam rangka studi terapan pada Rabu, 31 Juli 2024.

"Tujuan mereka untuk peningkatan kapasitas bagi kepala desa dan BPD di Kabupaten Sekadau Kalbar terkait tempat kelola desa yang baik. Seperti digitalisasi, data presisi, dan pengembangan desa wisata yang dikelola BUMDes," ujar Kades Cimacan, Kecamatan Cipanas, Deden Ismail kepada iNewsCianjur.id di kantornya.

Menurut mereka, kunjungan ke Kabupaten Cianjur untuk melihat produksi beras Pandan Wangi di Desa Jambudipa, Kecamatan Warungkondang. 

Kemudian menyambangi Pemdes Cimacan yang direkomendasikan oleh Pemprov Jawa Barat (Jabar) melalui ABPEDNAS Jabar.

Terpisah, Ketua BPD Desa Cimacan, Ilyas menambahkan, kunjungan dipimpin ABPEDNAS Provinsi Kalbar bisa menambah wawasan dan kolaborasikan tata kelola desa yang ada di Kabupaten Sekadau.

"Apalagi desa Cimacan ini telah menjadi desa mandiri, otomatis dalam hal ini bisa mengelola tata kelola keuangan sendiri," tutupnya.

Editor : Azhari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut