get app
inews
Aa Read Next : Desa Muaracikadu Realisasikan DD Pembangunan Jalan Rabat Beton di Kampung Poreang

Rangkaian HJC ke 347, 60 Ribu Bibit Ikan Ditebar di Sungai Cianjur

Jum'at, 12 Juli 2024 | 19:40 WIB
header img
Bupati Cianjur, Herman Suherman saat menebar benih ikan air tawar di Sungai Cianjur, dalam rangkaian HJC ke 347 Tahun pada Jumat, 12 Juli 2024.

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Pemkab Cianjur menebar sebanyak 60 ribu bibit ikan air tawar jenis Lalawak di aliran Sungai Cianjur dalam rangkaian Hari Jadi Cianjur (HJC) yang ke 347 tahun pada Jumat, 12 Juli 2024.

Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk menjaga ekosistem sungai dan kelestarian sumber daya perikanan. 

"Kegiatan ini merupakan upaya dari Pemkab Cianjur dalam meningkatkan populasi ikan lokal serta menjaga ekosistem sungai. Melalui langkah restocking beberapa jenis bibit ikan air tawar," ujar Bupati Cianjur, Herman Suherman usai menebar ikan di Sungai Cianjur.

Herman mengatakan, selain untuk menambah populasi ikan lokal, penebaran benih ikan juga bertujuan untuk bangun perekonomian.

Penebaran ikan ini merupakan langkah budi daya, sehingga menjadi sumber alternatif ketersediaan ikan, termasuk berpotensi jadi wisata pemancingan bagi masyarakat.

"Jenis ikan yang ditebar sudah disesuaikan dengan ekosistem sungainya, sehingga bibit ikan yang ditebar bisa bertahan hidup," jelasnya.

Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat bisa memanfaatkan ikan air tawar yang ditebar dengan bijak. Tidak menangkap dengan cara yang ilegal seperti disetrum, diracun, atau lainnya.

"Mari bersama-sama kita menjaga ekosistem ikan lokal yang dimiliki. Besar harapan kami ikan-ikan ini dapat berkembang biak dan membawa manfaat untuk masyarakat sekitarnya," pungkasnya.

Editor : Azhari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut