get app
inews
Aa Read Next : Penyertaan Modal pada BUMD Cianjur Tak Lagi Berbentuk Tunai

Diakhir Masa Jabatan Bupati, Realisasi Program 1.000 Km Jalan Beton Capai 77,8 Persen

Senin, 08 Juli 2024 | 19:08 WIB
header img
Bupati Cianjur, Herman Suherman saat memantau pembangunan jalan beton, beberapa waktu lalu.

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Cianjur terus berupaya melakukan percepatan pembangunan infrastruktur program 1.000 Kilometer (km) jalan beton. 

Program 1.000 km jalan beton sudah dilaksanakan sejak 2022. Dalam dua tahun, pengerjaannya sudah mencapai 778,06 kilometer atau 77,8 persen.

Kepala Dinas PUTR Kabupaten Cianjur, Eri Rihandiar, program tersebut merupakan program unggulan Bupati Cianjur, herman Suherman yang tertuang dalam pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Cianjur.

"Dalam pengerjaannya rogram pembangunan 1.000 kilometer jalan beton dibagi menjadi beberapa bagian yaitu berupa peningkatan jalan, pemeliharaan jalan, jalan lingkungan, dan jalan desa. Hingga sekarang pengerjaannya yang sudah terealisasi sepanjang 778,06 kilometer," ungkap Eri dikantornya pada Senin, 8 Juli 2024.

Pada tahun pertama, untuk peningkatan jalan pihaknya sudah menyelasaikan 27,33 kilometer dari target 27 kilometer. Sedangkan untuk penanganan pemeliharaan, dari target 435 kilometer, sudah terealisasi sepanjang 435 kilometer. 

Untuk jalan lingkungan, dari target 14 kilometer, terealisasi sepanjang 46,55 kilometer. Sementara jalan desa dari target 72 kilometer dan terealisasi sepanjang 61,69 kilometer.

"Sementara peningkatan jalan, dari target 27 kilometer terealisasi sepanjang 81 kilometer. Penanganan berupa pemeliharaan dari target 462 kilometer yang terealisasi sepanjang 462,38 kilometer," katanya.

Eri menyebutkan, program 1.000 km jalan beton tersebut bisa dikatakan sudah sangat bagus. Sebab, pada 2023 target kondisi jalan mantap sebesar 69 persen. Dari panjang jalan berstatus kabupaten di Kabupaten Cianjur sekitar 1.335 kilometer. Hingga saat ini sekitar 73 persen atau sekitar 1.055 kilometer kondisinya sudah mantap.

"Banyak dampak positif terbangunnya infrastruktur jalan pada program tersebut. Kami berharap percepatan pembangunan infrastruktur tersebut dapat memberikan peranan yang sangat penting untuk memacu pertumbuhan ekonomi di daerah, serta mengurangi pengangguran, mengentaskan kemiskinan dan tentunya meningkatkan kesejahteraan rakyat," pungkas Eri.

Editor : Azhari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut