Logo Network
Network

Orang Sunda Wajib Tahu, Pajajaran Punya Pasukan Elit

Nursidik
.
Kamis, 26 Januari 2023 | 14:23 WIB
Orang Sunda Wajib Tahu, Pajajaran Punya Pasukan Elit
Ketua Majelis Cendikiawan Keraton Nusantara. Bunda Ratu Sunda Nusantara. Ulli Sigar Rusady, Melantik Walet Basura Kota Tasik Raya (Poto: Nursidik/iNewsCianjur.id)

KOTA TASIKMALAYA, iNewsCianjur.id - Orang Sunda wajib tahu, di Jawa Barat, Pajajaran mempunyai Barisan Pasukan Elit antara lain, Puragabaya Pajajaran (pasukan khusus pengawal Raja), Balapati (pasukan berani mati), Walet Pajajaran (pasukan pemanah wanita) dan, Basura (pasukan pemanah pria kerajaan.

Kerajaan Pajajaran ahli pertahanan di daratan dan hutan karena memiliki pasukan elit ini, yang tidak pernah gagal menghalau kezaliman pada jamannya.

Icon Basura Pajajaran sudah dinobatkan kepada Paramitha Raden Pradnya Paramitha Chandra Devy Rusady alias Paramitha Rusady (artis nasional)

Selain itu, Walet Basura Pajajaran Tasik Raya menggelar panahan tradisional pasanggiri dengan mengenakan pakain adat ciri khas Sunda di Gunung Hampelas, Kampung Situ Sari Kecamatan Bungur Sari, Kota Tasikmalaya, sekaligus Pelantikan Walet Barusa pajajaran Tasik Raya, yang melantik langsung Ketua Majelis Cendikiawan Keraton Nusantara, Bunda Ratu Sunda Nusantara. Ulli Sigar Rusady, minggu, (22/1/2023).

Terpisah pada kegitan beberapa tahun lalu “saat ini musuh utama kita adalah politik Hakapu yang harus kita atasi dan perangi, Hakapu itu diantaranya, Penghancuran bukti-bukti sejarah, Pengkaburan Silsilah dan Pemutusan Silaturahm, saat  Pelantikan Panglima Budaya Baranusa Pajajaran di Cirebon pada beberapa tahun lalu.” ujar Paramitha Rusady.”

“Masyarakat Nusantara sudah sejak lama mengenal aktifitas memanah. Hal itu terbukti dengan eksistensi tradisi dan budaya memanah yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia Bahkan, sampai sekarang masih ada, baik sebagai bagian dari kegiatan olahraga tradisional masyarakat/adat, maupun bagian dari ritual aktivitas budaya,”.katanya”

Sementara itu, kegiatan ini adalah bentuk bela negara dengan melestarikan aset bangsa berupa tradisi Adat Budaya Jawa barat, salah satunya adalah panahan tradisional Jawa Barat yang harus dilestarikan keberadaannya dengan menjaga dan memperkenalkan pada generasi muda sebagai kebanggaan Bangsa dengan ragam budayanya.

Editor : Nursidik

Follow Berita iNews Cianjur di Google News

Bagikan Artikel Ini