get app
inews
Aa Read Next : Sekjen PeranNU: NU Dukung Aksi Boikot Produk Terafiliasi Israel

Air Sungai Cibuni Meluap, Jembatan Penghubung 2 Kecamatan Ambruk

Rabu, 09 November 2022 | 16:01 WIB
header img
Air Sungai Cibuni Meluap, Jembatan Penghubung 2 Kecamatan Ambruk ( Poto: Andi Ichsan / iNewsCianjur.id )

CIANJUR, iNews.id- Akibat intensitas hujan cukup tinggi, jembatan penghubung Kecamatan Kadupandak dan Kecamatan Cijati, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, ambruk, pada Selasa sore kemarin (08/11/2022). Tidak ada Korban Jiwa dalam kejadian tersebut namun akses warga terhambat.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Rudi Wibowo mengatakan, meluapnya aliran sungai Cibuni ini akibat intensitas curah hujan yang sangat cukup tinggi dan lama membuat penyangga jembatan ambruk akibat terkikis alir sungai. 

"Intensitas hujan tinggi sepanjang siang hingga petang kemarin yang membuat debit air aliran sungai tinggi hingga meluap."

Selain merusak jembatan, luapan air sungai Cibuni ini juga merendam area pesawahan milik warga setempat yang terancam gagal tanam, namun belum diketahui secara pasti luas pesawahan yang terendam. 

"Iya, selain jembatan luapan air sungai juga merendam area pesawahan milik warga setempat, tapi belum tau pasti berapa luas sawah yang terendam".

Rudi juga mengatakan, dirinya belum bisa memastikan berapa kerugian dan luas sawah yang terendam akibat luapan air sungai Cibuni. Hingga saat ini dirinya beserta jajarannya masih melakukan penanganan dan koordinasi serta melakukan asisment kelapangan, berapa kerugian dan kerusakan akibat kejadian tersebut.

"Hari ini kami masih melakukan koordinasi dan asisment kelapangan dampak dari kejadian tersebut, berapa banyak kerugia hektar sawah warga yang terendam".

Akibat kejadian tersebut akses jalan warga terhambat dan untuk sementara Jembatan hanya bisa dilalui oleh kendaraan ringan. 
Selain itu dirinya juga menghimbau kepada warga setempat yang tinggal di sepanjang bantaran sungai Cibuni, agar tetap waspada dan melakukan evakuasi mandiri, mengingat intensitas curah hujan saat ini saat tinggi.

"Kami menghimbau kepada warga masyarakat khususnya yang tinggal di sepanjang bantaran sungai Cibuni agar waspada dan melakukan evakuasi mandiri jika sewaktu-waktu sungai kembali meluap, mengingat curah hujan saat ini cukup tinggi,"tandasnya.

Editor : Nursidik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut