Logo Network
Network

Inovasi Yang Dilakukan Satgas CH Sektor 12 Dapat Apresiasi Dari BBWS

Andri Sutisna
.
Kamis, 25 Agustus 2022 | 11:05 WIB
Inovasi Yang Dilakukan Satgas CH Sektor 12 Dapat Apresiasi Dari BBWS
Inovasi Yang Dilakukan Satgas CH Sektor 12 Dapat Apresiasi Dari BBWS ( Poto; Andri Sutisna / iNewsCianjur.id )

CIANJUR, iNews.id - Balai Besar Wilayah Sungai  ( BBWS ) melaksanakan kunjungan ke Posko Citarum Sektor 12 yang beralamat di Jalan Raya Cipeundeuy, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu, (24/8/22).

Kegiatan yang disambut hangat Satgas Citarum Harum Sektor 12 itu merupakan kegiatan dalam rangka monitoring evaluasi ( Monev ) program Citarum Harum TA. 2022.

Pada kesempatan itu Tim Monev BBWS memonitor beberapa kegiatan serta hasil inovasi Satgas Citarum Sektor 12, diantaranya meninjau kegiatan Subsektor 1 Citatah, kegiatan Sub 2 Maniis dan melihat ikon yang menjadi pusat perhatian yaitu Perahu Ponton mesin pencacah Eceng gondok.

" Pada kesempatan hari ini kita melaksanakan monitoring evaluasi kegiatan nyata satgas Citarum Harum, tadi kami melaksanakan monitoring kegiatan sektor 11 dan saat ini kami didampingi Dansektor 12 meninjau kegiatan nyata yang dilakukan Satgas Citarum Harum Sektor 12," kata Wakil Ketua Bidang Penegakan Hukum/penertiban, Dina Novriardiana di lokasi pengumpulan Eceng Gondok.

Dina juga menyebutkan bahwa pihaknya dan Citarum harum juga melaksanakan Diskusi terkait kegiatan yang sudah dilakukan dari awal bulan Januari serta membahas kendala yang ada di lapangan pada saat Satgas Citarum melakukan kegiatannya.

" Pada kesempatan ini kami juga membahas kegiatan yang dilakukan Satgas citarum harum dari awal Januari hingga saat ini, kemudian kami juga membahas permasalahan yang ada di lapangan. Kendala permasalahan pertama ialah Eceng gondok dan Keramba Jaring Apung ( KJA ), dimana KJA ini sudah melebihi dengan apa yang diizinkan, hal ini tentu menjadi pekerjaan berat bagi kami BBWS dan juga Kodam III Siliwangi untuk secara bertahap menertibkan dan menata lagi KJA dan juga membersihkan Eceng gondok yang ada di perairan waduk cirata," Kanya menjelaskan.

Dina juga memberikan apresiasi terhadap inovasi yang dilakukan oleh satgas Citarum harum sektor 12, dikatanyan bahwa inovasi yang dibuat diharapkan dapat membantu pihaknya dalam menangani permasalahan yang ada.

" Inovasi yang dibuat Satgas Citarum menurut kami sangat bagus dan saya apresiasi Bapak Dansektor 12 dalam membantu kami menangani permasalahan yang ada di Sektor 12. Jadi kami harap agar dapat lebih dikembangkan kembali sebagai salah satu solusi atau alternatif dalam menangani permasalahan yang ada di Waduk Cirata ini," ujarnya.

Kabid Penegakan Hukum/penertiban, Dina Novriadriana, juga berharap kedepannya di setiap sektor dapat dibentuk komunitas peduli waduk yang dapat bekerjasama dalam mengendalikan dan mengelola sumber daya air.

" Diharapkan kedepannya dapat membentuk komunitas peduli waduk agar kedepannya dapat membantu kami BBWS dalam mengelola sumber daya air, hal ini nantinya dapat membantu kami paska kerjasama kami bersama TNI yang sesuai dengan rencana akan berakhir di tahun 2025, sehingga komunitas waduk ini dapat bersinergi dengan kami dan dapat membantu kami dalam mengelola sumber daya air. Dan yang terpenting suport dari pemerintah daerah dalam hal ini adalah Pokja Pokja yang telah dibentuk oleh Bapak Gubernur untuk nantinya kita dapat mengelola Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum," harapnya.

Di waktu yang sama Dansektor Citarum Harum Sektor 12, Kolonel CZI Suyatrinu Wardedi, mengucapkan banyak terimakasih atas kunjungan yang dilakukan Tim BBWS, dan akan melanjutkan serta melaksanakan apa yang menjadi masukan dari BBWS dan juga akan tetap bersinerg

Editor : Nursidik

Follow Berita iNews Cianjur di Google News

Bagikan Artikel Ini