Logo Network
Network

Pengrajin Kostum Ini Kebanjiran Order Dimomen Karnaval Agustusan

M. Rizki Fauzi Sidik
.
Selasa, 09 Agustus 2022 | 09:37 WIB
Pengrajin Kostum Ini Kebanjiran Order Dimomen Karnaval Agustusan
Arifin, Pengrajin asal Tuban sedang kebanjiran order. FOTO : Pipit Wibawanto

TUBAN, iNewsCianjur.id - Perayaan HUT RI ke-77 menjadi berkah tersendiri bagi pengrajin kostum unik bermotif batik di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Puluhan kostum hasil kreasinya laris manis disewa pelanggan, untuk mengikuti karnaval ditinggat desa maupun antar sekolah. Sementara banyaknya pesanan yang tidak sebanding dengan tenaga dan waktu, memaksa pengrajin membatasi maksimal 5 set.
 
Rumah keluarga Arifin di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, tampak sangat sibuk. Sejak dua pekan terakhir, pengrajin kostum karnaval ini harus bekerja ekstra, untuk menyelesaikan pesanan yang terus berdatangan.
 
Tak hanya berkualitas, kostum karnaval karya Arifin banyak diminati masyarakat karena memiliki bentuk unik, original, serta mengangkat budaya lokal. Salah satunya menggunakan kain motif batik khas daerah setempat sebagai bahan.
 
Sejak tahun 2012 berkarya, Arifin telah memiliki puluhan kostum unik bermotif batik khas. Memasuki bulan agustus ini, sebanyak 20 set kostum telah disewa pelanggan, untuk mengikuti karnaval. Namun, pesanan pembuatan kostum terpaksa dibatasi maksimal 5 set, karena keterbatasan waktu dan tenaga.

Untuk pembuatan 1 set kostum karnaval ini, Arifin mematok harga minimal Rp. 5 juta. Sementara persewaan kostum dihargai bervariasi, antara Rp. 500.000 sampai Rp. 1.500.000 per-set, bergantung ukuran dan modelnya.
 
“Mulai 2012 saya sudah mulai membuat ini, pada awalnya kita membuat untuk event festival, lama-lama pas ada event agustusan banyak yang order, kita buat banyak untuk kita sewakan, untuk membuat saya mematok minimal Rp. 5 juta, kalau sewa antara Rp. 500 ribu sampai Rp. 1,5 juta perkostum, saya suka mengekspolore batik,” ujar Arifin.

BACA JUGA:
10 Kecamatan di Jakarta Rawan Pergerakan Tanah jika Hujan di Atas Normal, Ini Daftarnya

Tak hanya warga lokal Tuban, kostum karya Arifin juga banyak diminati warga luar daerah. Diantaranya Lamongan, Gresik, Bojonegoro hingga Rembang dan Pati, Jawa Tengah. Keunikan kostum akan dipamerkan dalam event-event tingkat desa maupun antar sekolah.
 
“Kebetulan saya dari lasem, rembang, jawa tengah, saya mau pesen kostum yang kayak gini tapi saya punya konsep sendiri nanti kalau pesen, saya mau pesen dua, untuk karnaval nanti di tempat saya, karnaval mewakili desa untuk event tingkat kecamatan dalam rangka tujuh belasan ini,“ kata Ahmad Hasbulloh, pembeli kostum karnaval.
 
Selain melayani pembuatan dan sewa kostum karnaval unik, Arifin juga menerima permintaan menghias sepeda ontel, maupun pembuatan replika benda untuk karnaval agustusan.

Editor : Nursidik

Follow Berita iNews Cianjur di Google News

Bagikan Artikel Ini