get app
inews
Aa
Read Next : Hampir Dua Tahun Korban Gempa Bumi Masih Tinggal di Tenda, Begini Reaksi Bupati Herman Suherman

10 Ketua Umum PSSI Berlatar Belakang Militer, dari Jenderal Polisi Hingga TNI

Senin, 08 Agustus 2022 | 11:16 WIB
header img
Beberapa Ketua Umum PSSI memiliki latar belakang militer, baik polisi maupun TNI. (Ist)

Para Ketua Umum PSSI ternyata memiliki latar belakang yang beragam. Tak semuanya dari bidang olah raga, tapi beberapa Ketum PSSI berlatar belakang militer, birokrat hingga pencipta lagu.

Dalam artikel ini fokus mengulas para Ketua Umum PSSI yang berlatar belakang militer, baik dari polisi maupun TNI. Para jenderal purnawirawan polisi dan TNI itu mengemban tugas membenahi sepak bola di tanah air, usai mereka purna tugas.

Berikut 10 ketua PSSI yang memilki latar belakang militer baik dari kalangan Jenderal TNI maupun Jenderal Polisi :

BACA JUGA:
Iwan Bule Sebut Pertandingan Liga 1 2022-2023 di Stadion GBLA Diawasi Ketat

1. Mochammad Iriawan

Iwan Bule mulai menjabat sebagai Ketua PSSI sejak tahun 2019. Jabatannya sebagai ketua PSSI akan berlangsung sampai tahun 2023.

BACA JUGA:
Resmi! Shin Tae-yong Tetap Latih Timnas Senior, U-23 dan U-19

Iwan Bule sendiri memiliki pangkat komisaris jenderal (komjen). Dia adalah lulusan Akpol tahun 1984.

Iwan Bule sendiri dikenal sebagai ketua PSSI yang aktif di media sosial. Iwan Bule terlihat sering video call dengan pemain timnas Indonesia yang sedang bermain di luar Indonesia.

2. Raden Maladi

BACA JUGA:
Kaesang Sebut Siap Lepas Persis Solo jika Terpilih Jadi Ketua Umum PSSI

Raden Maladi adalah ketua umum PSSI di tahun 1950-1959. Dia adalah ketua PSSI pertama yang berlatar belakang militer. Dia pensiun dari militer dengan pangkat mayor.

Dia juga dikenal sebagai pencipta lagu. Hal ini terjadi ketika revolusi Indonesia di tahun 1945-1949 melawan Belanda.

Raden Maladi sendiri juga menjadi pemain timnas Indonesia saat itu berposisi sebagai kiper.

3. Maulwi Saelan

Maulwi Saelan adalah ketua PSSI di tahun 1964-1967. Maulwi Saelan memiliki latar belakang TNI saat menjabat ketua PSSI.

Maulwi Saelan menjadi TNI di tahun 1946. Dia mengawali karier militer di Sulawesi. Jabatan terakhir Maulwi Saelan adalah Wakil Komandan Resimen Tjakrawibawa. Resimen ini adalah resimen bentukan Bung Karno.

Dama dengan Raden Maladi, Maulwi Saelan juga menjadi kiper timnas Indonesia saat itu, sebelum tersingkir karena kalah 4-0 dari Uni Soviet.

4. Bardosono

Bardosono menjadi ketua PSSI berikutnya yang berlatarbelakang TNI. Dia menjabat di tahun 1075-1977.

Bardosono sendiri terpilih sebagai ketua PSSI secara aklamasi. Dia terpilih melalui kongres PSSI di Yogyakarta di tahun 1974.

Bardosono adalah perwira TNI di Jawa Tengah. Pangkat terakhir Bardosono adalah brigadir jenderal.

Bardosono dikenal juga sebagai orang dekat Presiden Indonesia saat itu, Soeharto. Dia juga mantan komandan peleton PETA di Yogyakarta.

Bardosono pun mundur karena dianggap tidak pandai mengatur sepak bola. Bardosono dinilai terlalu otoriter dalam menjalankan roda kepemimpinannya sebagai ketua PSSI.

5. Ali Sadikin

Ali Sadikin menjadi Ketua Umum PSSI melalui sidang luar biasa di Semarang. Sidang tersebut diadakan pada tanggal 12-14 Agustus 1977.

Ali Sadikin merupakan Letnan Jenderal Korps Komando Angkatan Laut (KKO-AL). Ali Sadikin lah yang memulai Liga Sepak Bola Utama (Galatama) di tahun 1978.

Melalui Galatama itulah, sepak bola mulai diurus secara profesional. Pemain menerima gaji dan bonus pertandingan seperti pemain sepak bola saat ini.

6. Sjarnoerbi Said

Sjarnoerbi Said adalah Ketua Umum PSSI selanjutnya yang berlatarbelakang militer. Dia menggantikan posisi Ali Sadikin yang mundur. Dia menjadi Ketua Umum PSSI di tahun 1982-1983.

Sjarnoebi Said adalah seorang Brigjen Purnawirawan. Dia memulai karier dari Kepala Dinas Intel Resimen Brigade Garuda Merah pada 1946. Dia pernah menjadi Staf Pribadi KSAD (1959-1961) dan Staf Komando Tertinggi Operasi Ekonomi di tahun 1964-1967.

Sjarnoebi Said sendiri memiliki klub bernama Kramayudha Tiga Berlian. Klub ini berhasil 2 kali juara Galatama dan 3 kali Piala Liga. Bahkan, Kramayudha Tiga Berlian pernah meraih prestasi tingkat Asia. Klub ini berhasil juara 3 Piala Antarklub Asia 1986.

7. Kardono

Kardono menjadi Ketua Umum PSSI di tahun 1983-1991. Kardono juga merupakan jenderal bintang tiga di TNI AU. Kardono pernah menjadi Sekretaris Militer Presiden Soeharto. Bisa dibilang, dia adalah orang dekat Soeharto di zaman itu.

Kardono terkenal karena membongkar skandal pengaturan skor. Klub Cahaya Kita pun dibekukan kardono karena tersandung skandal suap dan pengaturan skor sesuai keputusan PSSI bernomor 28/IV/1984.

8. Azwar Anas

Azwar Anas menjadi Ketua Umum PSSI di tahun 1991 hingga 1999. Azwar Anas adalah anggota TNI AD dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal.

Azwar Anas sendiri juga masih menjabat sebagai Menteri Perhubungan saat menjadi Ketua Umum PSSI.

Saat Azwar Anas memimpin PSSI, skandal pengaturan skor merebak. Azwar Anas pun membuat tim khusus bernama Tim Pemberantasan Mafia Perwasitan (TPMP).

Melalui TPMP, Azwar Anas menghukum banyak wasit yang diduga terlibat dalam kasus suap pengaturan skor. Bahkan, ada wasit Indonesia bersertifikat FIFA yang dihukum Azwar Anas karena terlibat suap.

 Azwar Anas pun mundur karena insiden sepak bola gajah di Piala Tiger 1988. Mursyid Effendi yang mencetak gol bunuh diri saat melawan Thailand membuat publik sepak bola geram.

Mursyid Effendi pun dihukum seumur hidup tidak bola berkecimpung di dunia sepak bola Indonesia. Azwar Anas pun juga mundur karena insiden tersebut.

9. Agum Gumelar

Agum Gumelar mendapatkan jabatan Ketua Umum PSSI di tahun 1999-2003. Agum sendiri berlatar belakang militer.

Agum Gumelar adalah Jenderal TNI AD. Agum Gumelar berasal dari Satuan Infanteri (Kopassus) saat menjabat Ketua Umum PSSI.

Agum Gumelar terpilih secara aklamasi. Terpilihnya Agum Gumelar menjadi terpilihnya Ketua Umum PSSI secara aklamasi sepanjang sejarah.

 Agum Gumelar juga menjadi Ketua Umum PSSI pertama berlatar belakang militer setalah lengsernya Soeharto. Soeharto sendiri lengser dari Presiden RI di tahun 1998.

10. Edy Rahmay

Edy Rahmayadi menjadi ketua PSSI di tahun 2016. Edy Rahmayadi sendiri adalah seorang Letnan Jenderal TNI AD dari Satuan Infanteri (Kostrad).

Edy Rahmayadi menjadi ketua PSSI yang nyentrik. Perkataannya kepada awak media kadang menjadi headline besar media nasional karena terkadang sedikit kontroversial.

Edy Rahmayadi juga sukses mendatangkan Luis Milla untuk melatih timnas Indonesia. Luis Milla sendiri merupakan legenda Real Madrid dan Barcelona yang sukses meraih Piala Eropa U-21 bersama timnas Spanyol di tahun 2013.

Itulah 10 Ketua Umum PSSI yanb berlatar belakang militer untuk menambah wawasan tentang sepak bola di tanah air.

Editor : Nursidik

Follow Berita iNews Cianjur di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut