get app
inews
Aa Read Next : Gara-gara Anak Main Korek, Warung Bakso di Cidaun Cianjur Ludes Terbakar

Anak Minum Minuman Dingin, Ini Penjelasan Ahli Gizi

Senin, 25 Juli 2022 | 11:15 WIB
header img
Anak minum minuman dingin. Foto/Ilustrasi/Istimewa

JAKARTAiNewsCianjur.com - Anak minum minuman dingin sering jadi persoalan para ibu rumah tangga. 

Anak minum minuman dingin dianggap biasa oleh para ibu-ibu. 

BACA JUGA:
5 Resep Es Buah untuk Jualan yang Paling Laku, Nomor 4 Nikmat Ditambah Soda

 Alhasil banyak orang tua yang menganggap kebiasaan itu aman dan tak berdampak pada kesehatan anak. 

Berkaca pada tabel Angka Kecukupan Gizi, pada anak usia 6-11 bulan membutuhkan air sebanyak 900 ml, 1-3 tahun sebanyak 1.150 ml, 4-6 tahun sebanyak 1.450 ml, dan 7-9 tahun sebanyak 1.650 ml. Kecukupan air tersebut sudah termasuk air mineral, kandungan air pada buah atau makanan minuman lainnya.

"Sejatinya, anak yang sudah berusia lebih dari setahun boleh mengonsumsi minuman dingin. Bahkan untuk bayi di atas 6 bulan yang sudah dikenalkan makan atau minum selain ASI, jika sedang tumbuh gigi, dianjurkan pula menggigit atau mengunyah sesuatu yang dingin seperti buah untuk mengurangi nyerinya," kata Nuril Farah Dhiya, S.TR.GZ, ahli gizi di Puskesmas Jagakarsa, Jakarta.

Namun perlu juga diperhatikan tekstur sesuai kemampuan daya cerna bayi. Pada bayi 6-11 bulan masih perlu mempertimbangkan penting atau tidaknya memberikan minuman atau makanan dingin.

Bagaimana dengan minuman kemasan dingin? Sering kali ini menjadi dilema para orang tua, maklum anak-anak paling suka dengan minuman yang beraneka rasa. Nah menjadi tugas orang tua memilihkan minuman kemasan sehat dan baik untuk anak.

Tak perlu terlalu kaku dalam memilihkan minuman kemasan dingin yang baik dikonsumsi untuk anak. Di pasaran cukup banyak produk minuman kemasan selain susu yang dapat dinikmati anak. Tetapi dengan catatan, sebisa mungkin tanpa pemanis buatan atau pewarna berbahaya, semisal Pino Es Serut Buah. Produk besutan PT United Family Food ini aman dikonsumsi anak karena terbuat dari bahan berkualitas, higienis, dan memiliki aneka rasa buah-buahan yang menyegarkan. 

Disarankan juga para ibu berkreasi menyiapkan minuman dingin menjadi smoothie, es campur, ataupun es teler. Sementara jira para iba ingin anak-anak lebih sehat menikmati minuman dingin bisa membuat infused water, yaitu air yang diberikan potongan potongan buah. 

"Supaya makin enak, simpan infused water itu di kulkas agar rasanya lebih menyegarkan, tidak disarankan menyimpan infused water lebih dari 24 jam ya, baiknya konsumsi setelah 2 jam disimpan dalam kulkas, karena semakin lama menyimpan maka kandungan gizi buah akan rusak dan dapat mengakibatkan masalah pencernaan," kata Nuril.

 

Editor : Nursidik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut