get app
inews
Aa Read Next : Gara-gara Anak Main Korek, Warung Bakso di Cidaun Cianjur Ludes Terbakar

Desakan Indonesia Pindah dari AFF Makin Menguat Sejak 9 Tahun Lalu, Tiket Piala Dunia Lebih Mudah

Sabtu, 23 Juli 2022 | 14:32 WIB
header img
Indonesia ternyata disarankan pindah dari AFF sejak 9 tahun lalu Foto: Ist

JAKARTA, iNewsCianjur.id - Indonesia ternyata disarankan pindah dari AFF sejak 9 tahun lalu. Ide itu dicetuskan mantan Direktur Utama (Dirut) Pembinaan Usia Muda PSSI, Timo Scheunemann. Saat ini rumor Indonesia pindah dari AFF ke Asosiasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) makin berembus kencang. Semua berawal dari kekecewaan pemuja sepak bola Tanah Air kepada AFF yang membiarkan Thailand dan Vietnam bermain mata demi menyingkirkan Indonesia di Piala AFF U-19 2022. 

Momen itu terjadi di babak Grup A Piala AFF U-19 2022. Akibatnya, Indonesia gagal lolos ke babak semifinal ajang tersebut. Netizen lantas mendesak PSSI untuk segera keluar dari AFF. 

BACA JUGA:
Laga Perdana AFF Women's Championship, Timnas Indonesia Bungkam Singapura 1-0

Menariknya, sembilan tahun lalu, tepatnya pada 2013, PSSI bukan hanya diusulkan untuk sekadar pindah asosiasi, tetapi juga konfederasi dari Asia (AFC). Gagasan itu sempat disampaikan Timo Scheunemann. Menurutnya Timnas Indonesia sangat berpeluang besar untuk mentas di Piala Dunia. Salah satu syaratnya adalah keluar dari zona Asia. 

Dia menyarankan agar Tim Merah Putih bergabung dengan Asosiasi Sepak Bola Negara Kepulauan Oseania (OFC). Adapun negara yang tergabung dengan OFC adalah Samoa Amerika, Kepulauan Cook, Fiji, Kribati, Kaledonia Baru, Selandia Baru, Papua Nugini, Samoa, Pulau Solomon, Tahiti, Tonga, Tuvalu, dan Vanuatu. 

Pasalnya bagi Timo, persaingan negara OFC cenderung lebih mudah bagi Skuad Garuda untuk lolos ke Piala Dunia. Menurut pria berdarah Jerman itu, tantangan berat Timnas Indonesia setidaknya hanya datang dari Selandia Baru. 

BACA JUGA:
Indonesia Ternyata Disarankan Pindah dari AFF Sejak 9 Tahun Lalu, Demi Tiket Piala Dunia

Andaikan mendapat tantangan kembali, Timnas Indonesia dipekirakan akan melawan peringkat keempat di zona Concacaf untuk playoff Piala Dunia. Umumnya itu dicapai oleh Honduras atau Panama. 

Opsi perpindahan asosiasi atau bahkan konfederasi itu berkaca dari Australia. Kepindahan Socceroos -julukan Australia- ke AFF dan AFC pada 2006 lalu karena merasa tidak memiliki lawan tangguh lagi di OFC. Bagi Timo, persaingan di Asia cenderung lebih berat dengan sejumlah negara kuat seperti Jepang, Korea Selatan, China, Arab Saudi, Iran, dan lain sebagainya. 

Belum lagi tantangan Timnas Indonesia kerap kali mentok di Asia Tenggara saat dihadang oleh Thailand ataupun Vietnam. 

BACA JUGA:
Indonesia Dirumorkan Pindah ke EAFF! Ini Rekor Garuda Lawan Jepang, China dan Korsel

Indonesia ternyata disarankan pindah dari AFF sejak 9 tahun lalu.Baca artikel menarik lainya KLIK>>>

Editor : Nursidik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut