get app
inews
Aa Read Next : Warga Sirnagalih Cisel Dihebohkan Sosok Mayat Laki-laki di Sungai Cisadea

Kira-kira Ryan Garcia Bakal Jadi Oscar De La Hoya atau Amir Khan si Dagu Kaca?

Rabu, 20 Juli 2022 | 06:03 WIB
header img
Selain memiliki paras yang menjual di ring pro, skill bertinju Ryan Garcia juga mumpuni. Kira-kira Ryan Garcia bakal jadi seperti siapa, Oscar De La Hoya atau Amir Khan? Foto: Instagram @kingryan.

DEPOK, iNews.id – Ryan Garcia menjadi salah satu petinju yang digadang-gadang bakal jadi bintang tinju dalam beberapa tahun ke depan. Selain memiliki paras yang menjual sebagai tontonan, skill bertinju Ryan Garcia juga mumpuni. Kira-kira Ryan Garcia bakal jadi seperti siapa, Oscar De La Hoya atau Amir Khan?

Pertanyaan itu memang pantas untuk dikemukakan karena Ryan Garcia yang berjuluk Kingry (King Ryan) memang ada kemiripan dengan Oscar De La Hoya dan ada pula kemiripan dengan Amir Khan.

BACA JUGA:

Sudah Jungkalkan Fortuna di Ronde 6, Berikutnya Ryan Garcia Ancam Ledakkan Tank Davis

Kemungkinan untuk jadi seperti Oscar De La Hoya cukup terbuka. Dari sisi tongkrongan, keduanya berpostur sama. Ryan bertinggi 178 cm dan Oscar De La Hoya 179 cm.

Lebih-lebih saat ini Ryan Garcia memang berada di Golden Boy Promotions, badan kepromotoran milik Oscar De La Hoya. Sang mentor pasti akan mengarahkan anak asuhnya ke jalan yang benar.

Potensi petinju berumur 23 tahun dengan rekor 23-0-0 jelas sangat besar. Ia sudah berada di lingkungan tepat yang tidak diperoleh kebanyakan petinju. Asal disiplin dan mau mendengarkan petuah mentor-mentornya, Ryan Garcia bakal jadi bintang besar di masa depan.

BACA JUGA:

Tinju Dunia: Tank Davis Ledakan Rolly Romero di Ronde 6

Dengan tinggi badan 178 cm, Ryan Garcia bisa merambah dari kelas Ringan Super seperti kelas dia saat ini hingga kelas Menengah seperti Oscar De La Hoya.

Oscar De La Hoya adalah salah satu legenda tinju dengan ring rekor 45-6-0 dengan juara di 5 divisi. 

Juga Mirip Amir Khan si Dagu Kaca

Belum diketahui seberapa tangguh sebenarnya daya tahan Ryan Garcia. Namun ada kekhawatiran bahwa ia tidak memiliki dagu baja agar bisa melakoni kelas Ringan Super, Bulu, Welter hingga Menengah. 

Saat berduel dengan Luke Campbell 2 Januari 2021, Ryan Garcia terjatuh terkena lesatan hook kiri tunggal. Untung Ryan Garcia mampu kembali berdiri dan memaksakan kemenangan KO di ronde 7.

Padahal Luke Campbell tidak hebat-hebat amat di tinju profesional. Dari 24 kali duel, ia kalah 4 kali. Kekalahan sebelumnya diderita dari Yvan Mendy, Jorge Linares, dan Vasily Lomachenko. 

BACA JUGA:

50 Duel Tinju Tak Kalah, FMJ Berlindung Seperti Kura-Kura dan Taktik Secerdas Kancil

Ini mengindikasikan ada potensi bahwa Ryan Garcia memiliki dagu kaca. Sambaran hook tunggal dari Luke Campbell sempat menidurkannya. Bagaimana jika yang melayangkan pukulan adalah Teofimo Lopez, Gervonta  Tank Davis, Terence Crawford, atau Jermell Charlo?

Ryan Garcia memang terindikasi ada kemiripan dengan Amir Khan. Keduanya memiliki persamaan kecepatan kilat di kedua tangannya.

Namun kelemahan terbesar Amir Khan adalah dagu kaca. Ia mudah goyah ketika lawan menyambar dagunya. Paling tragis adalah Amir Khan seketika tidur ketika hook Canelo Alvarez menerjang kepalanya 6 Mei 2016. Begitu juga ketika melawan Terence Crawford, Amir Khan dipaksa menyerah di ronde 6.

BACA JUGA:

Tinju Dunia: Trilogi Canelo vs GGG, Raja Tinju Pilih Singa Tua 40 Tahun

Belum lagi kisah memalukannya saat dihajar di ronde 1 oleh petinju Kolumbia Breidis Prescott 6 September 2008 di Manchester pada duel kelas Ringan. 

Amir Khan mencatat rekor 40 kali duel dan 6 kali kalah. Namun dari 6 kali kalah, 5 diantaranya kalah KO. Ini menegaskan sebutannya sebagai Dagu Kaca.

Menurut Anda, kira-kira Ryan Garcia akan jadi Oscar De La Hoya atau Amir Khan?
 

Editor : Nursidik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut