JAKARTA, iNewsCianjur.id - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus berupaya menghadirkan layanan yang memudahkan kalangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), untuk memanfaatkan sarana digital agar omset dan hasil jual UMKM meningkat. Salah satunya berkolaborasi dengan AVANA Indonesia, XL Axiata Business Solutions mengenalkan kartu “BIZ AVANA”.
Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto menjelaskan, kartu BIZ AVANA kartu yang inovatif, para pelaku UMKM lebih mudah mengintegrasikan dan mengoptimalkan penjualan melalui sosial media dan toko online. Produk baru ini sudah bisa dibeli mulai Juli 2022.
BACA JUGA:
XL Axiata Akuisisi 66,03 Persen Saham LINK Senilai Rp8,72 Triliun
Kolaborasi ini selaras upaya XL Axiata mewujudkan visi menjadi operator konvergensi terdepan di Indonesia, termasuk dalam menyediakan layanan-layanan internet tercepat bagi pelanggan dan masyarakat. “XL Axiata Ada Untuk Indonesia”.
“Berdasarkan data yang kami miliki, ada kurang lebih 60 juta UMKM di Indonesia yang membutuhkan transformasi digital lebih cepat, agar bisa bertahan di masa pasca pandemi. Kami yakin, kartu BIZ AVANA ini memberikan dampak signifikan untuk meningkatkan penjualan teman-teman UMKM. Karena layanan ini memudahkan untuk memaksimalkan penggunaan sosial media dan toko online yang terintegrasi dengan platform AVANA,” katanya dalam rilis yang diterima iNews Palembang Rabu (13/7/2022).
Feby menambahkan, XL Axiata dan AVANA Indonesia berkomitmen mendukung program pemerintah untuk pemulihan ekonomi di Indonesia, melalui solusi nyata yang berdampak positif bagi lingkungan sekitar.
Kemitraan dengan AVANA Indonesia berorientasi mengoptimalkan keuntungan para pelaku UMKM di Indonesia, dengan mengoptimalkan penggunaan sosial media dan toko online sebagai sarana penjualan.
"Kartu BIZ AVANA memungkinkan adanya integrasi antara aset sosial media milik UMKM dan/atau toko online mereka, dengan platform AVANA yang sudah dilengkapi dengan banyak pilihan pembayaran dan pilihan kurir/logistik," ia menjelaskan.
Sementara itu, Group COO & Co-Founder AVANA, Yienyee Soh mengatakan, AVANA melihat XL Axiata Business Solutions memiliki visi dan misi yang sama untuk memberikan solusi inovatif yang memahami setiap karakter bisnis. Pemilik bisnis dapat menikmati layanan lebih luas dan adaptif serta akses cepat dan mudah.
BACA JUGA:
Dato' Izzaddin Idris Resmi Mundur dari Komisaris XL Axiata dan CEO Axiata Group
"AVANA bersemangat dan berkomitmen bekerjasama dengan XL Axiata Business Solutions, untuk berpartisipasi dalam pemulihan ekonomi Indonesia melalui solusi nyata yang berdampak positif bagi lingkungan sekitar. Besar harapan kami, AVANA dapat menjadi lokomotif baru di perekonomian Indonesia,” ia menuturkan.
Dijelaskannya, BIZ sendiri adalah layanan connectivity mobile dari XL Axiata Business Solutions yang ditujukan untuk segmen bisnis termasuk UMKM. BIZ memiliki varian produk yang banyak dan bisa disesuaikan dengan pilihan biaya telekomunikasi dari usaha. "Layanan BIZ fokus pada kuota produktivitas dan juga kemudahan komunikasi bisnis pelanggan," ucap dia.
Sementara AVANA sendiri merupakan platform social commerce yang dapat digunakan pelaku bisnis dalam mengoptimalkan penjualan melalui website, Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Platform ini menggunakan inovasi teknologi terbaru dan sistem yang terintegrasi dengan media sosial, dan telah membantu lebih dari 100.000 penggunanya.
BIZ AVANA bisa didapatkan mulai dari harga Rp125 ribu, dengan harga ini pelanggan sudah bisa mendapatkan kartu BIZ pascabayar dengan kuota 30GB, untuk mengakses AVANA dan juga berbagai e-commerce.
Terdapat juga kuota khusus untuk mengakses Facebook, Instagram, WhatsApp dan Telegram. Selain itu juga terdapat kuota utama sebesar 20GB untuk mengakses website ataupun internet lainnya. "Dengan berlangganan BIZ AVANA, selain mendapatkan kuota produktivitas, pelanggan juga mendapatkan lisensi untuk AVANA sehingga pelanggan bisa menikmati kemudahan-kemudahan dalam proses pengiriman barang kepada konsumennya, karena AVANA terintegrasi dengan berbagai jasa transportasi logistik dan berbagai macam sistem pembayaran," kata dia.
BACA JUGA:
XL Axiata Pastikan Jaringan Siap Hadapi Lebaran 2022
Pelanggan UMKM yang sudah menggunakan BIZ AVANA juga bisa mengikuti training digital marketing secara gratis, untuk membantu meningkatkan penjualan mereka dan akses tak terbatas ke webinar yang diselenggarakan AVANA.
“Kolaborasi ini mendorong XL Axiata Business Solutions membuka lebih banyak interaksi dengan pelaku usaha, dan memfasilitasi lebih banyak UMKM yang terdigitalisasi. Kerjasama ini diharapkan mengakselerasi pertumbuhan pelanggan UMKM lainnya, serta membuka peluang baru bagi para pelaku usaha yang ingin meningkatkan performa bisnisnya dengan lebih praktis, mudah, efektif, dan efisien,” Feby menuturkan.
Bagi yang mengaktifkan BIZ AVANA selama periode bulan Juli, akan mendapatkan kesempatan beriklan gratis di platform Facebook dan Instagram sebesar 1,5juta secara gratis. Solusi bagi pelaku UMKM ini bisa didapatkan dengan mengisi form di website xl axiata.
Editor : Nursidik