get app
inews
Aa Read Next : Dinas Kesehatan Cianjur, Musim Panas Angka Kasus DBD Menurun Drastis 

Dear Moms, Tujuh Permainan Ini Bisa Mengasah Keterampilan Anak dan Menjauhkan dari Gadget

Kamis, 07 Juli 2022 | 08:06 WIB
header img
Orang tua harus membatasi anaknya saat menggunakan gadget. (Foto: smartparenting)

PALEMBANG, iNewsCianjur.id – Sudah bukan menjadi rahasia umum, di era android sekarang, orang tua disibukkan dengan keseharian anak-anak yang terkadang tak lepas dari ponselnya.

 

Fenomena ini kerap menjadi diskusi sehari-hari, bagaimana cara anak-anak tidak ketergantungan dengan semua layanan aplikasi yang dihadirkan dari android tersebut. Ini karena gadget tidak terlalu bagus untuk perkembangan dan kesehatan mental pada anak.

Sebenarnya masih banyak lho, permainan lama yang di desain ulang sehingga tampilannya menjadi lebih segar, dan dapat membantu anak dalam berkembang. Berikut tujuh mainan yang dapat membantu perkembangan pada anak.

Permainan stik matematika

Permainan stik matematika ini adalah permainan yang ada sejak dulu. Terdapat sebuah kotak yang berisi stik warna-warni dan kepingan operasi matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Anak harus membuat operasi matematika dengan ini, misalnya anak membuat “2 + 5 = 7”. Bermain dengan belajar merupakan cara yang sangat efektif untuk anak, jadi metode ini cocok digunakan untuk perkembangan anak karena anak tidak akan merasakan sedang belajar namun sedang bermain.

Membangun istana dari blok

Orang yang lahir pada tahun 90-an pasti tidak asing lagi dengan permainan ini. Berbagai bentuk geometri seperti balok, kubus, tabung, dan prisma ini dapat disusun menjadi sebuah istana.

Hal ini dapat melatih kreativitas anak dalam membuat sesuatu. Istana akan terbuat sesuai dengan kreativitas dan inovasi yang ada pada diri anak.

Permainan angka

Permainan angka ini cocok untuk anak kelas 1-3 SD. Anak harus menyusun rangkaian angka dan membacanya. Misalnya anak menyusun angka “123”, maka harus membacanya dengan “Seratus dua puluh tiga”.

Hal ini menjadi metode yang sangat efektif untuk menjelaskan mengenai ribuan, ratusan, dan puluhan kepada anak. Anak pun akan sangat senang karena ia merasa sedang bermain.

Lego

Untuk lego, semua orang sudah mengetahui kelebihannya untuk perkembangan anak. Kombinasi antara bricks dengan bricks lainnya dapat membuat kepingan lego menjadi sesuatu yang megah.

Hal ini dapat melatih kreativitas anak karena hal yang dibuat dari lego akan sesuai dengan yang ada pada pikiran anak. Terlebih lagi Lego City yang memiliki banyak jenis dengan bricks yang sangat beragam.

Puzzle

Puzzle adalah permainan menyusun sebuah kepingan menjadi sebuah gambar. Jika semua kepingan tersusun dengan benar, maka gambar yang aslinya pun sudah pasti terbentuk.

Permainan ini dapat melatih logika anak terutama dalam hal memecahkan masalah. Semakin banyak kepingan puzzle makan akan semakin sulit tingkat kesulitannya dan anak pun akan lebih berkembang.

Gear bricks

Sebenarnya, gear bricks tidak berbeda jauh dengan puzzle. Hanya saja gear bricks dominan berbentuk kotak dengan gerigi yang mengelilinginya, gerigi inilah yang dapat menyatupadukan antara suatu bagian dengan bagian lainnya.

Karena sama seperti lego, gear brick juga memiliki manfaat untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi pada anak. Namun karena bentuknya yang dominan persegi, maka objek yang dibuat tidak akan sefleksibel lego.

Rubik

Tak hanya sebagai mainan, namun rubik juga sudah diperlombakan secara professional. Rekor tercepat penyelesaian rubik 3×3 adalah selama 3 detik, sangat hebat bukan?

Rubik dapat mengembangkan aspek pemecahan masalah pada anak. Biasanya, untuk anak yang masih kecil ia harus mencoba untuk membuat satu bagian berwarna sama.

Itulah 7 mainan anak kecil yang dapat membantunya untuk berkembang dibandingkan dengan gadget. Jika kamu adalah orang tua, sesegera mungkin hindari anak dari gadget dan belilah salah satu mainan yang sudah disebutkan tadi.

Editor : Nursidik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut