Peran Kader Posyandu di Desa Penting Bagi Pelayanan ke Masyarakat 

Gusti Wilantara
Kader Posyandu di Kecamatan Sindangbarang saat mengikuti penyuluhan, Foto : iNewsCianjur.id/Gusti Wilantara.

CIANJUR, iNewsCianjur id -Dalam upaya  kualitas pelayanan kesehatan di tingkat masyarakat, peningkatan kapasitas kader posyandu dinilai dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada bayi, balita, ibu hamil.

Tenaga Penyuluh Keluarga Berencana (TPKBK) UPTD P5A Kecamatan Sindangbarang Parja Kurnia mengatakan, kader posyandu memiliki peran krusial dalam mengembangkan program kesehatan dan menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan di masyarakat.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pelalayanan pada masyarakat melalui posyandu. Diharapkan angka keluarga yang berisikan stunting dapat dicegah," ujarnya, Selasa 10 September 2024.

Pihaknya kata dia, terus berupaya meningkatkan kapasitas kemampuan kader posyandu, karena keberadaan mereka turut andil dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Peran kader posyandu sangat besar karena selain sebagai pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat, juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kertasari Cecep Didi Rosadi mengatakan, kader posyandu memiliki peran yang sangat strategis. Kader posyandu tidak hanya berfungsi sebagai penyampai informasi kesehatan, tetapi sebagai motivator bagi masyarakat untuk secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Dengan kader posyandu diharapkan dapat tercipta masyarakat sehat dan sejahtera. Melalui kader posyandu, kita dapat mendeteksi dini berbagai masalah kesehatan dan memberikan penanganan yang tepat," pungkasnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network