Satlantas Polres Cianjur Pasang Patung Polisi di Tempat Rawan Lakalantas

Dani Jatnika
Satlantas Polres Cianjur memasang patung polisi dengan reflektor untuk cegah laka lantas di Jalan Raya Sukabumi, Kecamatan Gekbrong pada Sabtu, 1 Juni 2024.

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Berbagai macam cara terus dilakukan oleh Satlantas Polres Cianjur dalam menekan angka laka lantas dan menciptakan ketertiban berlalu lintas. 

Salah satunya dengan pemasangan patung polisi lalulintas di empat titik rawan kecelakaan lalulintas pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Menurut Kasat Lantas Polres Cianjur AKP Anjar Maulana, ada empat titik jalan yang sering terjadi lakalantas yaitu berada di Jalan Raya Sukabumi Kecamatan Gekbrong, Jalan Cikalongkulon, Jalan Raya Cianjur-Bandung Karangtengah dan Jalan Raya Puncak, Ciloto-Cipanas. 

Pemasangan patung polisi dilakukan agar pengguna jalan selalu waspada dan berhati-hati pada saat melintasi jalur tersebut.

"Jadi apabila di titik-titik tertentu yang memang tidak ada lampu penerangan, gambar patung polisi ini akan jadi penanda karena terdapat reflektor. Ketika lampu yang dari atas turun ke bawah itu menyala sehingga bisa mencegah terjadinya human error," ujar Anjar pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Menurutnya, jalur tersebut merupakan jalur rawan yang memang sering terjadi kecelakaan, sehingga perlu diberikan pertanda berupa patung maupun banner.

"Jadi jalur yang rawan itu jalur yang yang menurun seperti di Gekbrong dan juga jalur lurus hingga menjadi jalur perlintasan cepat untuk pengendara seperti di Jalan Raya Bandung-Cianjur," jelasnya.

Selain di 4 lokasi itu pihaknya juga akan memasang patung polisi di wilayah Jalan Raya Cianjur Puncak yang juga kerap terjadinya kecelakaan.

"Apabila si sopir truk maupun kendaraan roda dua atau roda empat yang mengantuk harapan kami pada saat melihat patung yang ada reflektornya bisa kembali fokus," tuturnya. 

Menurutnya, pemasangan patung tersebut bekerjasama dengan Jasa Raharja. Pihaknya berharap pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dan selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas serta berkonsentrasi pada saat melewati jalur rawan kecelakaan.

"Patung yang bergambarkan polisi itu nantinya akan dipasang dua di setiap titik rawan kecelakaan jadi totalnya delapan untuk sementara ini," pungkas Anjar.

Editor : Azhari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network