Jelang Libur Nataru Polres Cianjur Berlakukan Rekayasa Jalur Antisipasi Macet

Dani Jatnika
Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Adhiprasidya Danahiswara, Foto, iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Polres Cianjur telah menyiapkan rekayasa lalu lintas guna mengahadapi kepadatan arus lalulintas libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Kabupaten Cianjur.

Libur Nataru sendiri sering mengalami kepadatan kendaraan hingga kerap terjadi kemacetan terlebih di beberapa titik di wilayah Cianjur.

Pada tanggal 31 Desember 2023 nanti, Satlantas Polres Cianjur akan memberlakukan pengalihan arus Jalur Puncak terhitung sejak 31 Desember 2023 pukul 18.00 WIB hingga 1 Januari 2024 pukul 6.00 WIB. Titik pengalihan kendaraan pertama dilakukan di Bundaran Tugu Lampu Gentur yang berada di perkotaan Cianjur.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Adhiprasidya Danahiswara mengungkapkan, pemberlakuan rekayasa arus lalu lintas tersebut dilakukan sehubungan dilaksanakanya car free night di Jalur Gadog-Puncak Pass. 

Kendaraan yang akan melintas menuju Jalur Bogor dan Jakarta, akan dialihkan ke Sukabumi atau jalur alternatif via Jonggol. Sementara kendaraan yang terlanjur melintas meunju Jalur Puncak, akan dialihkan di Pos Jabar IX atau di Jalan Cagak Mamifokobo Ciloto.

"Pengalihan arus ini bertujuan untuk mengurai kepadatan kendaraan yang akan menuju Puncak, Bogor. Begitupun di wilayah Bogor turut melakukan hal yang sama," tuturnya kepada awak media usai upacara operasi Lilin 2023 di halaman Mapolres Cianjur, Kamis (21/12/203).

Sementara, untuk masyarakat yang berdomisili di wilayah Cipanas dan sekitarnya, masih diperkenankan untuk melintas jika akan melakukan perjalanan pulang maupun pergi.

"Masih bisa melintas kalau memang betul tinggal di wilayah Cipanas dan sekitarnya. Yang kita alihkan itu yang akan merayakan pergantian tahun baru. Jadi kembali lagi, ini untuk mengurai kepadatan kendaraan," terangnya.

Kurang lebih 78 perseonel kepolisian akan diturunkan untuk mengamankan malam pergantian tahun baru di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur, khususnya di titik-titik kemacetan seperti Ciranjang, Gekbrong dan Cipanas arah Puncak.

Sementara itu, Kapolres Cianjur, AKBP Aszhari Kurniawan menambahkan, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi peraturan lalulintas, terlebih saat melakukan liburan Nataru).

"Semua sudah kita persiapkan, dari mulai personel hingga prasarana lalulintas. Seperti cone, water barier, portable rambu penunjuk arah dan sebagainya. Ini sarana penting pendukung terciptanya kamseltibcar lantas," pungkas Aszhari

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network